Musim Panceklik, Harga Bapokting di Kepahiang Semakin Mencekik

Musim Panceklik, Harga Bapokting di Kepahiang Semakin Mencekik

Musim Panceklik, Harga Bapokting di Kepahiang Semakin Mencekik--Radarkepahiang.id

Musim Panceklik, Harga Bapokting di Kepahiang Semakin Mencekik

RK ONLINE - Harga sejumlah bahan pokok penting (Bapokting) di Kabupaten Kepahiang, sejak sepekan lalu terus mengalami kenaikan. Sejumlah pangan yang harganya melonjak naik, diantaranya adalah beras medium, gula dan yang terbaru adalah kenaikan harga cabai merah. 

Harga bapokting yang sangat tinggi belakangan ini, cukup mencekik. Padahal di penghujung tahun ini, perekonomian bisa dikatakan masih belum stabil atau yang biasa dikenal masyarakt kepahiang dengan sebutan panceklik.

BACA JUGA:Begini Jaminan KPU Kepahiang Terkait Logistik Pemilu 2024, Indra: 1 TPS 2 Tinta!

Diketahui harga beras medium Bulog HET Rp 11.500 perkilo, beras medium lokal Rp 13.750 perkilo, beras medium super Rp 14.400 perkilo. Sedangkan Gula kemasan Rp 18.000 perkilo, gula pasir curah Rp 16.000 perkilo. 

Sementara harga cabai merah besar Rp 65.000 perkilo, cabai merah keriting Rp 70.000 perkilo, cabai rawit hijau Rp 55.000 perkilo, dan juga cabai rawit merah Rp 28.000 perkilo.

BACA JUGA:Sikapi Kecurangan Seleksi CPNS, Kejagung Siapkan Tim Internal Khusus SDM Berkualitas

"Khusus harga beras dan gula, hingga Selasa kemarin belum mengalami penurunan. Sementara harga cabai merah, saat ini melonjak mencapai Rp 70 ribu perkilo. Diketahui harga ini meningkat dari harga sepekan lalu Rp 58 ribu perkilogram," ujar Kadisperkop UKM Kabupaten Kepahiang, Jan Johanes Dalos S.Sos.

Selain harga gula, cabai, dan beras lanjut Dalos, harga komoditas lainnya seperti bawang merah saat ini Rp 28 ribu perkilo, bawang putih Rp 32ribu perkilo, minyak goreng curah Rp 14 ribu perkilo, minyak kemasan sederhana Rp 16ribu perkilo, minyak kemasan premium Rp 18.500 perkilo, daging sapi Rp 130 ribu perkilo, dan juga daging ayam broiler Rp 30.000 perkilo.

BACA JUGA:Peserta CPNS 2023 Keluhkan Kesulitan Mengunduh Sertifikat SKD, Simak Cara Mengatasinya!

"Selain yang sudah saya sebutkan, harga-harga Bapokting lainnya masih terbilang stabil. Dan juga stok ketersediaan nya juga masih aman," lanjutnya.

Sementara itu Dalos mengatakan bahwa, saat ini pemantauan harga bahan pokok penting terus dilakukan pihaknya setiap hari di pasar Kepahiang. Hal ini guna memastikan ketersediaan bahan pokok tetap stabil dengan harga yang relatif stabil.

"Kita akan pantau terus perkembangan harga Bapokting di Pasar Kabupaten Kepahiang ini," demikian Dalos.

Sumber: