Hati-hati! Unggahanmu di Internet Bisa Abadi Selamanya

Hati-hati! Unggahanmu di Internet Bisa Abadi Selamanya

Hati-hati! Unggahanmu di Internet Bisa Abadi Selamanya/---freepik.com

Hati-hati! Unggahanmu di Internet Bisa Abadi Selamanya

RK ONLINE - Setiap foto, tweet, atau postingan yang pernah kamu bagikan di internet dapat bertahan selamanya. Oleh karena itu, perlu berhati-hati dengan apa yang kamu bagikan di dunia maya. 

 

Menurut laporan South China Morning Post , menghapus informasi secara online hampir tidak mungkin dilakukan. Meskipun akun media sosial seperti Facebook atau Instagram dihapus, perusahaan penyedia layanan tetap menyimpan data, hanya saja tidak lagi dibagikan secara publik.

BACA JUGA:Cari Uang Lewat Internet, Cobain Segera Cara Mudah Hasilkan Saldo Dana Gratis dari Internet Berikut Ini

Perusahaan pencarian seperti Google juga menyimpan informasi pengguna, termasuk riwayat pencarian dan alamat IP. Bahkan jika kamu menghapus cache di komputer pribadimu, salinan data tetap akan disimpan oleh penyedia layanan.

 

Meskipun email yang dihapus mungkin hilang dari hard drive, namun bisa tetap tersimpan dalam waktu yang lama di server yang dioperasikan oleh penyedia email.

 

Faktor lain yang membuat unggahan di internet abadi adalah campur tangan pihak ketiga. Saat mereka mengambil tangkapan layar atau mengunduh foto/video yang kamu bagikan, informasi tersebut akan tetap ada.

 

Berikut beberapa kiat untuk berbagi unggahan di media sosial:

- Hindari memposting komentar yang tidak pantas secara online, seperti lelucon yang kasar, seksis, atau rasis.

- Berhati-hatilah dalam membagikan pemikiran pribadi yang kontroversial, bahkan di grup pribadi atau di antara teman dekat.

Sumber: