Seleksi CASN Untuk CPNS dan PPPK Masih Berlanjut, Ini Jadwal dan Jenis Tesnya!

Seleksi CASN Untuk CPNS dan PPPK Masih Berlanjut, Ini Jadwal dan Jenis Tesnya!

Seleksi CASN Untuk CPNS dan PPPK Masih Berlanjut, Ini Jadwal dan Jenis Tesnya!/---Istimewah-

Seleksi CASN Untuk CPNS dan PPPK Masih Berlanjut, Ini Jadwal dan Jenis Tesnya!

RK ONLINE - Proses Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) untuk posisi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) masih berlangsung. Saat ini, seleksi hampir mencapai tahap penting yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

 

Langkah awal sebelum SKD adalah penarikan data final yang akan dilakukan pada 29-31 Oktober 2023. Selanjutnya, Badan Kepegawaian Negara akan menjadwalkan pelaksanaan SKD pada 1-4 November 2023. Pada tanggal 5-8 November 2023, daftar peserta, waktu, dan tempat pelaksanaan seleksi akan diumumkan.

BACA JUGA:Jadwal SKD CPNS 2023, Ketahuilah Cara Mengeceknya di Portal SSCASN BKN

Pelaksanaan tes SKD sendiri akan berlangsung dari tanggal 9 hingga 18 November 2023. Pengolahan hasil tes akan dilakukan selama 3 hari, tepatnya pada 16-19 November 2023, dan hasilnya akan diumumkan pada 20-22 November 2023.

 

Jenis Tes dan Ambang Kelulusan

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan nilai ambang batas SKD untuk CPNS. Untuk pelamar dengan kebutuhan umum, nilai kumulatif tertinggi adalah 550.

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, soal SKD terbagi menjadi tiga jenis tes, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). TWK yang terdiri dari 30 soal memiliki ambang batas kelulusan sebesar 65.

BACA JUGA:Baru Rilis! Cek Lokasi dan Jadwal Ujian CPNS Kemenkumham 2023

TIU yang terdiri dari 35 soal memiliki ambang batas 80. Sedangkan TKP yang terdiri dari 45 soal memiliki ambang batas 166.

 

Sumber: