Apakah Benar Overhead Bisa Sebabkan Kendaraan Kebakaran? Begini Penjelasannya!!

Apakah Benar Overhead Bisa Sebabkan Kendaraan Kebakaran? Begini Penjelasannya!!

Apakah Benar Overhead Bisa Sebabkan Kendaraan Kebakaran? Begini Penjelasannya!!/---freepik.com

Apakah Benar Overhead Bisa Sebabkan Kendaraan Kebakaran? Begini Penjelasannya!!

RK ONLINE - Kebakaran kendaraan adalah salah satu insiden yang dapat menimpa siapa pun yang menggunakan mobil, motor, atau kendaraan bermotor lainnya. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kebakaran pada kendaraan, dan salah satu mitos yang kadang-kadang muncul adalah apakah overhead kendaraan seperti mobil yang parkir di bawah sinar matahari dapat benar-benar menyebabkan kebakaran. Mari kita coba memahami lebih lanjut.

BACA JUGA:4 Efek Buruk Menggunakan Air Biasa pada Radiator Mobil

1. Suhu Tinggi dan Overheating

Salah satu faktor yang mungkin memicu kebakaran di kendaraan adalah suhu yang sangat tinggi. Ketika kendaraan dibiarkan di bawah sinar matahari terik untuk waktu yang lama, suhu dalam kendaraan dapat meningkat secara signifikan. Ini dapat menyebabkan overheating dalam beberapa komponen kendaraan, terutama dalam sistem pendingin.

 

2. Kondisi Peralatan yang Buruk

Jika kendaraan memiliki masalah dalam sistem listriknya, terutama kabel-kabel dan komponen elektronik yang terhubung ke atap kendaraan, ada kemungkinan kecil tetapi nyata bahwa overheating atau arus pendek bisa terjadi. Ini, dalam beberapa kasus ekstrem, dapat menyebabkan kebakaran.

 

3. Material Mudah Terbakar di Kendaraan

Kebanyakan kendaraan modern dirancang dengan bahan yang tidak mudah terbakar, namun beberapa kendaraan yang lebih lama atau yang dimodifikasi mungkin memiliki material interior yang lebih mudah terbakar. Jika ada material yang dapat menyala dengan mudah di dalam kendaraan dan terkena suhu tinggi, ada risiko yang lebih besar terjadinya kebakaran.

BACA JUGA:Jangan Sampai Tidak Tahu, Ternyata Ini Waktu yang Tepat Menguras dan Membersihkan Radiator

4. Langkah Pencegahan

Untuk menghindari kemungkinan overhead kendaraan menyebabkan kebakaran, ada beberapa langkah yang dapat diambil:

Sumber: