Kisi-Kisi Soal SKD CPNS PPPK 2023, Persiapkan Diri Menghadapi Tes Seleksi Kompetensi Dasar

Kisi-Kisi Soal SKD CPNS PPPK 2023, Persiapkan Diri Menghadapi Tes Seleksi Kompetensi Dasar

Kisi-Kisi Soal SKD CPNS PPPK 2023, Persiapkan Diri Menghadapi Tes Seleksi Kompetensi Dasar/---Istimewah-

Kisi-Kisi Soal SKD CPNS PPPK 2023, Persiapkan Diri Menghadapi Tes Seleksi Kompetensi Dasar

RK ONLINE - Bagi para calon Peserta Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023, persiapan menghadapi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menjadi krusial. Tes SKD CPNS tahun ini memiliki tiga kategori utama yang perlu dikuasai.

 

Menurut laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), tes SKD CPNS tahun 2023 dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

BACA JUGA:Perbedaan Seleksi CPNS dan PPPK Berikut Materi Ujian dan Jadwal Pelaksanaan

Namun, penting untuk diingat bahwa tes SKD ini hanya bisa diikuti oleh para calon peserta CPNS yang telah berhasil melewati tahap seleksi administrasi. Dengan begitu, pelaksanaan tes SKD CPNS PPPK akan berlangsung mulai tanggal 9 hingga 18 November 2023.

 

Berikut adalah rincian kisi-kisi soal untuk tes TWK, TIU, dan TKP tahun 2023:

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes TWK dirancang untuk mengukur pengetahuan dan kemampuan peserta CPNS dan PPPK 2023 dalam mengimplementasikan:

 

a. Nasionalisme dengan tujuan untuk memastikan kemampuan dalam mewujudkan kepentingan nasional dengan tetap mempertahankan identitas nasional.

b. Integritas dengan tujuan untuk menilai kemampuan dalam menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen, dan konsistensi sebagai kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.

c. Bela negara dengan tujuan untuk menilai kemampuan dalam berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.

Sumber: