Kuliah Gratis Dengan KIP Kuliah, Begini Langkah-Langkah Mendaftar Program KIP Kuliah 2024

Kuliah Gratis Dengan KIP Kuliah, Begini Langkah-Langkah Mendaftar Program KIP Kuliah 2024

Kuliah Gratis Dengan KIP Kuliah, Begini Langkah-Langkah Mendaftar Program KIP Kuliah 2024/---puslapdik.kemdikbud.go.id

Kuliah Gratis Dengan KIP Kuliah, Begini Langkah-Langkah Mendaftar Program KIP Kuliah 2024

RK ONLINE - Bagi siswa kelas 12 yang berencana melanjutkan pendidikan tinggi pada tahun 2024 dan berharap mendapatkan beasiswa pemerintah melalui Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah, berikut adalah panduan singkat cara mendaftar.

 

KIP Kuliah merupakan program bantuan pemerintah untuk mahasiswa yang memenuhi kriteria ekonomi. Beasiswa ini mencakup berbagai jalur masuk perguruan tinggi negeri, termasuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Jalur Mandiri. 

 

Proses pendaftaran KIP Kuliah, termasuk semua jalur tersebut, dilakukan secara daring melalui situs resmi KIP Kuliah Merdeka yang dapat diakses di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

BACA JUGA:Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Ditutup Akhir Bulan, Cek Syarat dan Tahapannya!

Langkah 1: Pendaftaran Akun

Penerimaan KIP Kuliah Merdeka ditentukan oleh Pusat Layanan Pendidikan Tinggi (Puslapdik) berdasarkan rekomendasi dari perguruan tinggi setelah mahasiswa diterima secara resmi sebagai mahasiswa aktif di perguruan tinggi. Ada dua cara untuk mendaftar:

 

Siswa Mendaftar Secara Mandiri: Siswa dapat melakukan pendaftaran akun sendiri melalui situs resmi KIP Kuliah Merdeka. Saat mendaftar, siswa perlu memasukkan data yang valid, termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Siswa juga harus memiliki alamat email aktif untuk menerima Nomor Pendaftaran dan Kode Akses setelah sistem KIP Kuliah Merdeka berhasil melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN.

 

Perguruan Tinggi Mendaftarkan Mahasiswa: Alternatif lain adalah perguruan tinggi yang mendaftarkan mahasiswa yang sudah diterima dan telah melakukan proses registrasi. Dalam hal ini, mahasiswa perlu menyediakan data yang sama, seperti NIK, NISN, NPSN, dan memiliki alamat email aktif.

BACA JUGA:Simak 20 Contoh Soal Analogi Ini Untuk Persiapan Tes SKD CPNS 2023

Sumber: