Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Kepahiang Beri Reward OPD Dengan Pencapaian Target Penilaian SAKIP Terbaik

Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Kepahiang Beri Reward OPD Dengan Pencapaian Target Penilaian SAKIP Terbaik

Evaluasi penilaian SAKIP yang disebut bakal menjadi dasar pemberian reward kepada OPD peraih nilai tertinggi.--Radarkepahiang.id

Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Kepahiang Beri Reward OPD Dengan Pencapaian Target Penilaian SAKIP Terbaik

RK ONLINE - Bertempat di Aula Bappeda Kepahiang, Pemkab Kepahiang, Provinsi Bengkulu melaksanakan evaluasi penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Selasa 26 September 2023.

BACA JUGA:Cara Merubah Kuota Unlimited Game Axis Menjadi Kuota Utama Menggunakan Aplikasi HA Tunnel Plus

Tidak hanya memberikan sanksi bagi OPD yang jauh di bawah target, Pemkab Kepahiang juga menjanjikan reward bagi OPD yang berhasil meraih nilai terbaik dalam penilaian SAKIP.

 

Sekda Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd meerangkan jika penerapan reward dan punishment ini sebagai motivasi dan dorongan agar penilaian SAKIP dan Reformasi Birokrasi (RB) OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepahiang tahun 2023 ini, bisa mencapai target sesuai harapan.

BACA JUGA:Pendaftaran Seleksi CPNS Formasi Kementerian Pertanian 2023 Resmi Dibuka, Cek Peluang Formasinya!

"Kita berikan reward bagi OPD yang bisa mencapai target yang sudah ditetapkan dan punishment atau sanksi, bagi yang belum mencapai target. Karena SAKIP ini tidak hanya berkaitan dengan pelaporan, indikator kinerja, rencana strategis dan rencana kerja saja, namun bagaimana OPD bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Hartono.


--

Lebih lanjut dikatakannya jika SAKIP merupakan penilaian tingkat nasional yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). 

Hartono berharap jika setelah evaluasi SAKIP ini berlangsung, semua OPD terkait ditegaskan untuk mengambil langkah-langkah guna memaksimalkan peningkatan penilaian. Yaitu dengan membagikan peran pada setiap perangkat daerah, pembagian waktu serta sistem pelaporan setiap bulannya.

BACA JUGA:PENTING! Berikut Ini Informasi Penting Pendaftaran CPNS Kejaksaan 2023

"Harapan kita, semua OPD ini jadi lebih termotivasi lagi dalam meningkatkan hasil penilaian SAKIP. Jangan sampai ada yang dapat punishment atau sanksi. Ada beberapa catatan dari KemenPANRB, diantaranya mendorong OPD di lingkungan Pemkab kepahiang untuk dapat melaksanakan sistem akuntansi," jelas Sekda Kepahiang.

 

Sumber: