Sudah Diet dan Olahraga Tapi Berat Badan Tidak Berubah, Ini Penyebabnya

Sudah Diet dan Olahraga Tapi Berat Badan Tidak Berubah, Ini Penyebabnya

Penyebab berat badan tak kunjung turun meskipun telah diet dan olahraga/---freepik.com

Sudah Diet dan Olahraga Tapi Berat Badan Tidak Berubah, Ini Penyebabnya

RK ONLINE - Banyak dari kita yang mungkin telah merasakan frustasi ketika berat badan tidak kunjung turun meskipun telah menerapkan diet ketat dan rutin berolahraga. 

 

Mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi proses penurunan berat badan, bahkan ketika sudah mengikuti program diet dan olahraga.

BACA JUGA:Baru Sakit Dikit Minum Obat, Waspada Ternyata Dapat Menyebabkan Efek Samping yang Berbahaya

1. Ketidakseimbangan Kalori

Meskipun Anda melakukan diet dan berolahraga, tetapi jika masih mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar, berat badan tidak akan turun. Penting untuk memastikan bahwa jumlah kalori yang masuk lebih sedikit daripada yang keluar agar tubuh mulai membakar lemak.

 

2. Komposisi Tubuh

Berat badan bukan satu-satunya ukuran keberhasilan dalam program penurunan berat badan. Komposisi tubuh, termasuk lemak dan otot, juga berperan penting. Mungkin Anda sedang mengalami peningkatan massa otot yang menyebabkan berat badan tetap stabil meskipun lemak telah berkurang.

 

3. Faktor Genetik

Faktor genetik dapat memengaruhi cara tubuh Anda merespons diet dan olahraga. Beberapa orang mungkin memiliki metabolisme yang lebih lambat atau lebih cepat, sehingga proses penurunan berat badan bisa berbeda-beda.

 

Sumber: