Pertimbangkan Kembali Hal Ini Sebelum Mendaftar CPNS dan PPPK 2023

Pertimbangkan Kembali Hal Ini Sebelum Mendaftar CPNS dan PPPK 2023

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar cpns dan pppk 2023/---tirto.id

Pertimbangkan Kembali Hal Ini Sebelum Mendaftar CPNS dan PPPK 2023

RK ONLINE - Tahapan penting dalam proses rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) telah dimulai. Pemerintah Indonesia secara resmi membuka peluang bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk bergabung dalam pelayanan publik. 

 

Pengumuman ini didasarkan pada keputusan Panitia Seleksi Nasional yang tercantum dalam surat Menteri PANRB Nomor: B/1871/M.SM.01.00/2023, tanggal 21 Agustus 2023, mengenai Penyesuaian Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun 2023. Tanggal pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (ASN) tahun 2023 telah ditetapkan dari 17 September hingga 6 Oktober 2023.

 

Bagi masyarakat yang tertarik untuk mengikuti seleksi, diperlukan perhatian ekstra sebelum mendaftar. Mengingat pengalaman seleksi sebelumnya, terdapat sekitar 1.921 peserta yang akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri setelah lulus tahap awal.

BACA JUGA:Cek Disini!! Sederet Formasi CPNS 2023 Mahkamah Agung

Beberapa alasan telah dikemukakan mengenai pengunduran diri tersebut. Salah satunya adalah adanya ketidaksesuaian antara pekerjaan dan penghasilan dengan harapan pelamar. Selain itu, lokasi penempatan juga menjadi pertimbangan utama bagi peserta yang mengambil keputusan untuk mengundurkan diri.

 

Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Haryomo Dwi Putranto, mengatakan jika sejumlah alasan telah diidentifikasi sebagai penyebab pengunduran diri peserta seleksi, termasuk ketidaksesuaian antara pekerjaan dan penghasilan dengan harapan pelamar.

 

Bagi calon pelamar, sangat dianjurkan untuk mendapatkan informasi lengkap sebelum melakukan pendaftaran. Portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) telah ditingkatkan dengan fitur baru. Fitur tersebut mencakup penambahan informasi rinci mengenai formasi jabatan yang dibuka dalam seleksi CASN 2023.

 

Menu informasi jabatan dalam portal tersebut akan memberikan gambaran komprehensif mengenai detail jabatan yang tersedia. Informasi yang diberikan meliputi uraian tugas, kelas jabatan, besaran penghasilan yang diterima, hingga jenjang jabatan yang relevan.

Sumber: