Aktivitas Jamaah Umrah Terhambat, Badai dan Hujan Ekstrem Melanda Mekkah dan Sekitarnya

Aktivitas Jamaah Umrah Terhambat, Badai dan Hujan Ekstrem Melanda Mekkah dan Sekitarnya

Badai dan hujan deras serta petir kilat yang melanda Kota suci Mekkah/---www.cnnindonesia.com

Aktivitas Jamaah Umrah Terhambat, Badai dan Hujan Ekstrem Melanda Mekkah dan Sekitarnya 

RK ONLINE – Sebuah badai dan hujan ekstrem melanda kota suci Mekkah, Arab Saudi, yang mengakibatkan terganggunya aktivitas para jamaah umrah, sekolah, dan lalu lintas. 

 

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan para jemaah umrah yang sedang melakukan tawaf di sekitar Ka'bah mengalami basah kuyup dan tergelincir di lantai akibat hujan deras.

 

Dalam video yang sama, terlihat benda-benda di sekitar Ka'bah terseret angin akibat badai ekstrem. Video lainnya memperlihatkan momen petir yang menyambar hotel Fairmont Makkah Clock Royal Tower.

BACA JUGA:HEBOH! Teror Pria Bermukenah di Masjid Agung Kepahiang Incar Pengguna Toilet Wanita

Juru bicara Pusat Nasional untuk Meteorologi Hussain al-Qahtani, mengungkapkan bahwa badai tersebut membawa angin kencang dengan kecepatan lebih dari 80 kilometer per jam. Wilayah Mekkah di Al-Kakiyyah mencatat curah hujan sekitar 45 milimeter dalam waktu 24 jam.

 

Beberapa video di media sosial juga menunjukkan banjir ringan di beberapa lingkungan di Mekkah, memaksa warga berlindung dan menghentikan mobil. Laporan dari Al Jazeera mengingatkan bahwa kondisi ini mirip dengan badai pada tahun 2015 yang menyebabkan kejatuhan derek di Masjidil Haram dan menewaskan lebih dari 100 orang serta melukai ratusan lainnya.

 

Hingga saat ini, pihak berwenang Arab Saudi melaporkan bahwa tidak ada korban atau insiden signifikan akibat badai pada hari Selasa. Pada Rabu 23 Agustus 2023 pagi, laporan dari masyarakat sekitar menyebutkan bahwa banjir kilat telah mulai berkurang, namun situasinya masih tergolong berbahaya.

 

Pusat Meteorologi Arab Saudi memberikan peringatan terhadap potensi badai lebih lanjut pada Rabu, yang mungkin membawa hujan, angin, dan petir ke wilayah Mekkah dan daerah lain di barat Saudi Arabia.

Sumber: