Prioritas Seleksi CPNS 2023, PPPK Alokasi Terbesar dengan Fokus Tenaga Kesehatan dan Pendidikan

Prioritas Seleksi CPNS 2023, PPPK Alokasi Terbesar dengan Fokus Tenaga Kesehatan dan Pendidikan

Alokasi formasi terbesar dalam casn 2023/---KOMPAS.COM

Prioritas Seleksi CPNS 2023, PPPK Alokasi Terbesar dengan Fokus Tenaga Kesehatan dan Pendidikan

RK ONLINE - Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang merupakan bagian dari Pemerintah Indonesia, telah mengumumkan bahwa Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan menjadi prioritas utama dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023. 

 

Bahkan, PPPK mendapat alokasi terbesar sebanyak 543.593 dari total formasi 572.496 yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

 

Sementara itu, alokasi formasi untuk kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah sebanyak 28.903 dari total formasi yang disediakan. 

BACA JUGA:Tembus Rp100 Juta, SK PPPK Ternyata Bisa Dijadikan Jaminan Pinjaman Bank, Ini Penjelasan Berikut Syaratnya!

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, menjelaskan bahwa mekanisme pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2023 telah disesuaikan dengan kebutuhan kelompok jabatan ASN, baik itu jabatan fungsional maupun jabatan pelaksana.

 

"Kebutuhan PPPK pada seleksi CPNS 2023 didominasi oleh tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan. Sementara alokasi formasi PNS diarahkan pada jabatan-jabatan fungsional atau keahlian lainnya yang sesuai dengan kebutuhan instansi." Ujar Haryomo.

 

Langkah ini diambil sejalan dengan prioritas pemerintah yang fokus pada sektor kesehatan dan pendidikan. Pengaturan kebutuhan jabatan fungsional telah ditetapkan berdasarkan jumlah pegawai yang akan memasuki masa pensiun. 

 

Adapun untuk kelompok jabatan pelaksana (administrasi), BKN telah mempertimbangkan proyeksi pensiun pegawai serta kebutuhan sumber daya manusia yang dapat digantikan melalui proses digitalisasi.

Sumber: