Sering Flu Setelah Mengkonsumsi Makanan Pedas? Simak Penjelasannya!

Sering Flu Setelah Mengkonsumsi Makanan Pedas? Simak Penjelasannya!

Penjelasan setelah konsumsi makanan pedas kenapa bisa flu/---freepik.com

Sering Flu Setelah Mengkonsumsi Makanan Pedas? Simak Penjelasannya!

RK ONLINE- Makanan pedas merupakan salah satu jenis makanan yang banyak disukai oleh masyarakat di seluruh dunia. Rasa pedas yang khas dan sensasi panas yang dihasilkan oleh Makanan pedas seringkali memberikan pengalaman kuliner yang unik. 

 

Namun, tak jarang pula beberapa orang merasakan gejala flu setelah menikmati hidangan pedas. Apakah ada hubungannya antara makanan pedas dan flu? Mari kita simak penjelasannya!

BACA JUGA:Kenali Ciri-Cirinya, Depresi Tinggi Pada Manusia Ditunjukan Dengan Tanda-Tanda Ini

Reaksi Tubuh Terhadap Makanan Pedas

Saat kita makan makanan pedas, seperti cabai atau saus pedas, tubuh akan merespons dengan cara meningkatkan suhu tubuh. Sensasi panas yang dirasakan saat makanan pedas masuk ke dalam mulut sebenarnya adalah respons alami tubuh terhadap senyawa kimia bernama kapsaisin yang terkandung dalam cabai. 

 

Suhu tubuh yang meningkat dapat menyebabkan kita merasa berkeringat dan terkadang merasa seperti mengalami gejala flu seperti hidung tersumbat, bersin, dan lainnya.

 

Iritasi Saluran Pernafasan

Makanan pedas juga dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan membran lendir di dalam hidung dan tenggorokan. Hal ini dapat menyebabkan gejala flu seperti hidung tersumbat, batuk, dan bersin. 

 

Sensasi panas yang dihasilkan oleh makanan pedas juga dapat memicu produksi lendir lebih banyak, yang dapat mempengaruhi saluran pernapasan dan memberikan sensasi mirip flu.

Sumber: