Dunia Belum Berakhir, Anak Berkebutuhan Khusus Ini Ternyata Mampu Cetak Prestasi Gemilang dan Mencengangkan

Dunia Belum Berakhir, Anak Berkebutuhan Khusus Ini Ternyata Mampu Cetak Prestasi Gemilang dan Mencengangkan

Stephanie Handojo merupakan satu diantara banyaknya anak berkebutuhan khusus yang membutikan bahwa mereka juga bisa berprestasi. --FOTO/NET

-Trisomi 21: Sekitar 95% orang dengan sindrom Down memiliki Trisomi 21. 2 Dengan sindrom Down jenis ini, setiap sel dalam tubuh memiliki 3 salinan terpisah dari kromosom 21, bukan 2 salinan biasa.

- Sindrom Down Translokasi: Jenis ini menyumbang sebagian kecil orang dengan sindrom Down (sekitar 3%). 2 Hal ini terjadi ketika ada bagian tambahan atau seluruh kromosom tambahan 21, tetapi melekat atau "dipindahkan" ke kromosom yang berbeda daripada menjadi kromosom 21 yang terpisah.

- Sindrom Down Mosaic: Jenis ini mempengaruhi sekitar 2% orang dengan sindrom Down. 2 Mozaik berarti campuran atau kombinasi. Untuk anak-anak dengan sindrom Down mosaik, beberapa selnya memiliki 3 salinan kromosom 21, tetapi sel lain memiliki dua salinan kromosom 21 yang khas.

Anak-anak dengan sindrom Down mosaik mungkin memiliki fitur yang sama dengan anak-anak lain dengan sindrom Down. Namun, mereka mungkin memiliki lebih sedikit ciri kondisi karena adanya beberapa (atau banyak) sel dengan jumlah kromosom yang khas. 

 

Sumber: