BKN Sediakan Fitur Detail Formasi CPNS 2023, Ini Alasanya!

BKN Sediakan Fitur Detail Formasi CPNS 2023, Ini Alasanya!

Alasan BKN Sediakan Fitur Detail Formasi CPNS 2023/Foto:Ilustrasi---www.bkn.go.id

BKN Sediakan Fitur Detail Formasi CPNS 2023, Ini Alasanya!

RK ONLINE - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengambil langkah preventif untuk mengurangi jumlah calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang mengundurkan diri selama proses seleksi. 

 

Mereka menyediakan fitur tambahan dalam portal SSCASN yang berisi detail informasi formasi, mulai dari uraian tugas hingga penghasilan yang akan diterima.

 

Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, dalam keterangan tertulis menyatakan bahwa sejumlah alasan pengunduran diri peserta seleksi selama pelaksanaan seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2022 termasuk ketidaksesuaian pekerjaan dan penghasilan dengan ekspektasi pelamar. 

BACA JUGA:Antisipasi PPPK Mengundurkan Diri, BKN Sediakan Informasi Detail Formasi Jabatan Dalam Seleksi CASN 2023

Untuk mengatasi masalah tersebut, BKN memutuskan untuk menyediakan keterangan rincian informasi setiap jabatan pada formasi yang dilamar.

 

Dengan adanya fitur ini, para pelamar seleksi CPNS 2023 akan dipermudah dalam mencari tahu mengenai rincian formasi yang akan mereka lamar. Informasi jabatan tersebut akan mencakup uraian tugas, kelas jabatan, dan penghasilan atau gaji yang diterima.

 

Haryomo juga mengimbau seluruh instansi pemerintah untuk lebih memperhatikan tahapan seleksi administrasi dengan lebih detail agar tidak ada pelamar yang merasa dirugikan. Lokasi penempatan juga menjadi salah satu alasan pengunduran diri peserta seleksi.

 

Sebagai informasi, Pembukaan seleksi CPNS 2023 dijadwalkan pada bulan September 2023. Dalam alokasinya, PPPK menjadi prioritas kebutuhan seleksi calon ASN dengan alokasi sebesar 543.593 dari total formasi 572.496 yang ditetapkan pemerintah melalui Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). 

Sumber: