CATAT! Ini Kewajiban dan Tanggung Jawab Menjadi Polsuspas Kemenkumham

CATAT! Ini Kewajiban dan Tanggung Jawab Menjadi Polsuspas Kemenkumham

berikut kewajiban dan tanggung jawab menjadi polsuspas kemenkumham/Foto:Ilustrasi---instagram/@robby.milanisti

3. Pemeriksaan dan Pengamanan Barang

Polsuspas bertugas melakukan pemeriksaan terhadap barang-barang yang masuk ke dalam lembaga pemasyarakatan untuk mencegah adanya barang-barang terlarang atau benda-benda yang dapat membahayakan keamanan lembaga.

 

4. Pengawalan dan Pengamanan di Luar Lembaga

Selain mengawasi tahanan di dalam lembaga, Polsuspas juga bertugas melakukan pengawalan dan pengamanan saat tahanan harus berada di luar lembaga pemasyarakatan untuk kepentingan tertentu, seperti saat sidang di pengadilan.

BACA JUGA:Seleksi CPNS Formasi Polsuspas 2023, Catat Ini Syarat Postur Tubuh yang Wajib Dimiliki Peserta Lulusan SMA

5. Pelaporan dan Koordinasi

Polsuspas wajib membuat laporan kegiatan dan kejadian yang relevan dengan tugasnya kepada atasan atau pihak yang berwenang. Mereka juga harus melakukan koordinasi dengan petugas lain di dalam lembaga untuk memastikan kegiatan pengamanan dan pelayanan berjalan dengan baik.

 

6. Penegakan Disiplin

Polsuspas memiliki wewenang untuk menegakkan disiplin dan memberikan sanksi kepada tahanan yang melanggar peraturan lembaga pemasyarakatan.

 

7. Pelayanan Kepada Tahanan

Selain sebagai pengawas, Polsuspas juga harus memberikan pelayanan kepada para tahanan. Mereka harus menghormati hak-hak asasi manusia dan memberikan perlakuan yang adil dan manusiawi kepada tahanan.

 

Sumber: