Sederet Tradisi Unik Yang Selalu Menjadi Ikonik Perayaan HUT RI

Sederet Tradisi Unik Yang Selalu Menjadi Ikonik Perayaan HUT RI

Tradisi Unik Yang Selalu Menjadi Ikonik Perayaan HUT RI/Foto:Ilustrasi---freepik.com

Sederet Tradisi Unik Yang Selalu Menjadi Ikonik Perayaan HUT RI

RK ONLINE- Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia atau yang dikenal sebagai HUT RI. 

 

Perayaan ini menjadi momen penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk merayakan dan mengenang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan negara ini. 

 

Dalam merayakan HUT RI, Indonesia memiliki sejumlah tradisi unik yang menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan tersebut. Berikut adalah beberapa tradisi unik yang ada di Indonesia dalam merayakan HUT RI:

BACA JUGA:Gas Elpiji Subsidi Langka, Ini Kebijakan Pemerintah yang Diberlakukan Dalam Waktu Dekat

1. Upacara Bendera Merah Putih

Tradisi utama dalam perayaan HUT RI adalah upacara bendera merah putih yang dilakukan di berbagai tempat, mulai dari tingkat nasional hingga tingkat sekolah. 

 

Upacara ini dimulai dengan pengibaran bendera merah putih yang dilakukan oleh anggota TNI dan Polri dengan khidmat, sementara lagu Indonesia Raya berkumandang. Seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat atau seragam dengan penuh semangat dan rasa nasionalisme.

 

2. Lomba 17-an

Di banyak daerah di Indonesia, terdapat tradisi lomba 17-an yang diadakan sebagai bagian dari perayaan HUT RI. Lomba ini berisi berbagai jenis kompetisi, mulai dari lomba makan kerupuk, panjat pinang, tarik tambang, balap karung, hingga lomba lari kelereng.

Sumber: