Perhatikan! Penyebab Serangan Jantung Mendadak Menurut Ilmu Kesehatan

Perhatikan! Penyebab Serangan Jantung Mendadak Menurut Ilmu Kesehatan

Penyebab serangan jantung/Foto:Ilustrasi---freepik.com

Perhatikan! Penyebab Serangan Jantung Mendadak Menurut Ilmu Kesehatan

RK ONLINE- Serangan jantung mendadak merupakan kondisi medis serius yang terjadi ketika aliran darah ke otot jantung terhenti tiba-tiba atau terganggu secara signifikan. 

 

Hal ini disebabkan oleh blokade pembuluh darah koroner yang menyuplai darah ke otot jantung. Kondisi ini dapat berakibat fatal jika tidak segera ditangani dengan tepat. Berikut adalah beberapa penyebab utama serangan jantung mendadak menurut ilmu kesehatan:

 

1. Penyakit Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah kondisi di mana plak plak kolesterol, lemak, dan zat-zat lain menumpuk pada dinding arteri, termasuk arteri koroner yang menyuplai darah ke otot jantung. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Anak-Anak, Dampak Buruk Media Sosial Ternyata Bisa Menyerang Orang Dewasa

Plak ini dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan menghambat aliran darah, yang pada akhirnya bisa menyebabkan serangan jantung. 

 

Ketika plak pecah, darah bisa membeku di sekitarnya, membentuk gumpalan darah yang disebut trombus, yang juga dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung.

 

2. Sindrom Koroner Akut (SKA)

Sindrom koroner akut merupakan kondisi yang mencakup berbagai jenis serangan jantung, termasuk infark miokardium, yang terjadi ketika pasokan darah ke bagian otot jantung terputus. 

Sumber: