WASPADA! Erupsi Gunung Dempo Pagaralam Dengan Letupan Setinggi 2 Km, PVMBG Keluarkan Peringatan!

WASPADA! Erupsi Gunung Dempo Pagaralam Dengan Letupan Setinggi 2 Km, PVMBG Keluarkan Peringatan!

PVMBG Peringatkan masyarakat terkait erupsi Gunung Dempo Pagaralam--Pagaralampos.com

WASPADA! Ada Erupsi Gunung Dempo Pagaralam, Letupannya Setinggi Ini!

RK ONLINE - Masyarakat Sumsel, khususnya masyarakat Kota Pagaralam dan sekitarnya diperingatkan agar lebih waspada terhadap potensi ledakan Gunung Dempo, Pagaralam, Sumsel.

Bukan tanpa sebab, peringatan ini ditujukan kepada masyarakat Pagaralam dan sekitarnya, lantaran adanya erupsi Gunung Dempo yang terjadi, Selasa 25 Juli 2023 malam. 

BACA JUGA:INGAT, Mulai Sekarang Warung Dilarang Menjual Gas Elpiji Subsidi!

Bakan berdasarkan informasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Dempo Pagaralam kali ini memicu letupan dengan ketinggian yang mencapai 2 Km.

 

"Terjadi erupsi Gunung Dempo pada hari Selasa, 25 Juli 2023 pukul 21:15 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 2000 m di atas puncak (± 5173 m di atas permukaan laut)," tulis salah satu Petugas Pos Pengamatan Gunung Dempo, Pagaralam, Megian Nugraha.

 

Salah satu Anggota PVMBG ini juga mengungkapkan kalau saat terjadi erupsi, kolom abu yang berhasil teramati menunjukan warna putih sampai kelabu dengan intensitas yang sedang hingga tebal dan melaju ke arah selatan, barat daya.

BACA JUGA:Detik-Detik Petani Air Kelinsar Tewas Ditikam Senjata Tajam Miliknya Sendiri, Tersangka Menyangkal!

Bersamaan dengan itu Megian juga menerangkan jika tanda-tanda erupsi Gunung Dempo Pagaralam ini, berhasil terekam dalam seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm yang berdurasi selama 204 detik.

 

Dengan adanya Gunung Dempo yang erupsi ini, PVMBG akhirnya mengeluarkan himbauan kepada masyarakat, khususnya yang berada di seputaran kaki Gunung Dempo.

 

Sumber: