Polres Kepahiang Launching Polisi RW, Ini Tugasnya!

Polres Kepahiang Launching Polisi RW, Ini Tugasnya!

Kapolres Kepahiang saat meresmikan pembentukan polisi RW--Istimewah

Polres Kepahiang Launching Polisi RW, Ini Tugasnya!

RK ONLINE - Polres Kepahiang, Polda Bengkulu meresmikan Polisi Rukun Warga (RW), Senin 17 Juli 2023. Bertempat di lapangan Apel, launching Polisi RW ini dipimpin langsung oleh Kapolres Kepahiang AKBP. Yana Supriatna, S.IK, M.Si. Ditandai dengan penyematan pita, Kapolres Kepahiang melantik langsung sejumlah personel Polres Kepahiang yang ditugaskan sebagai polisi RW.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Kepahiang Masuk Dalam Daftar Kunjungan Presiden Jokowi

Lantas apa fungsi Polisi RW?

Dijelaskan Kapolres Kepahiang jika polisi RW ini, dibentuk untuk mejaga Kamtibmas di lingkungan masyarakat. Polisi ini bertugas menyelesaikan permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dengan tetap melakukan koordinasi bersama Bhabinkamtibmas yang bertanggungjawab pada daerah tersebut. 

 

Polisi RW juga berkewajiban untuk melayani pengaduan masyarakat di tingkat RW. Jika masyarakat memiliki keluhan ataupun aduan terkait kejahatan dan tindak kriminalitas, masyarakat bisa langsung melaporkannya kepada polisi RW yang bertugas di wilayah masing-masing.

BACA JUGA:Keliling Kabupaten, Ini Jadwal Lengkap Kunjungan Presiden Jokowi di Bengkulu!

"Iya benar, hari ini kita launching. Ada beberapa personel yang tadi sudah dilantik, saya harap mereka semua melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan senantiasa selalu melaporkan kegiatannya," ujar Yana.

 

Kapolres Kepahiang juga menjelaskan bahwa keberadaan Polisi RW ini, bertujuan untuk membantu tugas Bhabinkamtibmas agar menyelesaikan permasalahan Kamtibmas yang ada di tengah masyarakat. 

Bukan cuma itu saja, terbrntuknya polisi RW ini juga untuk meminimalisir potensi kejahatan di lingkungan masyarakat.

BACA JUGA:Kaya Dalam Sekejap, Mengenal Mitos dan Realita Pesugihan Kandang Bubrah Wonogiri

"Semoga dengan terbentuknya polisi RW ini, kejahatan dan gangguan Kamtibmas bisa menurun. Sehingga masyarakat dapat hidup dengan aman dan damai. Terlebih lagi, keberadaan polisi RW ini juga dapat mempererat hubungan masyarakat dengan instansi Polri. Dengan Polisi RW ini, kami berharap keberadaan Polri semakin dirasakan oleh masyarakt," singkatnya.

Sumber: