71 Orang Keracunan Usai Mengkonsumsi Daging Kurban

71 Orang Keracunan Usai Mengkonsumsi Daging Kurban

71 Orang Keracunan Usai Mengkonsumsi Daging Kurban---disway.id

71 Orang Keracunan Usai Mengkonsumsi Daging Kurban

RK ONLINE - Habis makan daging kurban, sebanyak 71 orang warga Kalilom Indah Seruni 2, Tanah Kalikedinding, Kenjeran, Surabaya diduga mengalami keracunan.

 

Kepala Puskesmas Tanah Kalikedinding Surabaya, Era Kartikawati menjelaskan bahwa dari 71 korban tersebut, 45 di antaranya hanya mengalami gejala ringan. Mereka menjalani perawatan di rumah masing-masing dengan pantauan dari puskesmas.

 

"Jumlah total warga yang saat ini dirawat di rumah dengan gejala ringan ada 45 orang. Itu dari total 71 korban," ujar Era.

BACA JUGA:220 Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia, KJRI Beberkan Penyebabnya!

Sedangkan 26 warga lainnya dilaporkan sedang menjalani perawatan di puskesmas atau telah dirujuk ke rumah sakit terdekat.

 

"Ada 14 orang yang dirawat di Puskesmas, dan 12 pasien kami rujuk ke rumah sakit seperti RSUD Dr. Soewandhie dan RS Universitas Airlangga. Jumlah pasien yang dirawat inap totalnya adalah 26 orang," tambahnya.

 

Era menjelaskan bahwa keracunan massal ini terjadi setelah warga mengadakan acara tasyakuran makan-makan setelah melaksanakan salat dan kurban Iduladha pada Kamis 29 Juni 2023 malam.

 

Daging kurban tersebut diolah menjadi beberapa masakan seperti sate, gulai, dan krengsengan. Setelah acara selesai, sebagian warga mengaku merasa sakit pada Jumat 30 Juni 2023 dini hari.

Sumber: