Banyak Salah Tafsir, Ini Makna NIP PPPK dan Kedudukannya di Mata Pemerintah!

Banyak Salah Tafsir, Ini Makna NIP PPPK dan Kedudukannya di Mata Pemerintah!

Nip pppk - --medialampung.disway.id

Banyak Salah Tafsir, Ini Makna NIP PPPK dan Kedudukannya di Mata Pemerintah!

RK ONLINE - Nomor Identitas Pegawai (NIP) merupakan salah satu indentitas seorang pegawai. Sementara PPPK, merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. 

 

Meskipun ramai diperbincangkan, tidak sedikit orang yang masih belum mengerti dan memahami sepenuhnya, makna sebenarnya dari NIP PPPK. Begitu pula dengan kedudukan PPPK di mata pemerintahan Indonesia.

 

Maka dari itu melalui artikel berikut ini, Radarkepahiang.id akan membagikan sedikit pengetahuan mengenai arti dari 18 digit NIP PPPK dan kedudukannya di mata pemerintah.

BACA JUGA:Terbanyak Bengkulu, Kanreg 7 BKN Palembang Umumkan Penetapan NIP Guru PPPK 2022 di Daerah Ini 100 Persen!

Untuk diketahui kalau penetapan dan penerbitan NIP bagi mereka yang lolos seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk seleksi PPPK merupakan hal yang sangat penting dan selalu dinantikan. Namun ternyata, 18 digit angka NIP PPPK, ternyata memiliki kode-kode tertentu dan arti yang sangat penting untuk diketahui.

 

NIP PPPK atau Nomor Identitas (NI) PPPK diatur dengan Peraturan Kepala BKN Nomor 22 Tahun 2007, Tentang Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil.

 

Namun, istilah "Nomor Induk" atau "Nomor Identitas" nampaknya hampir sama, karena untuk ASN PPPK lebih umum menggunakan istilah "Nomor Induk".

 

Adapun peraturan yang mengatur mengenai penggunaan NI atau NIP PPPK, terdapat dalam PP Nomor 49 Tahun 2018, tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dan Peraturan Badan Kepegawaian Negara tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Sumber: