Siapa Sangka, Gaya Hidup dan Banyak Mengkonsumsi Kopi Ternyata Bisa Memicu Kolestrol Tinggi!

Siapa Sangka, Gaya Hidup dan Banyak Mengkonsumsi Kopi Ternyata Bisa Memicu Kolestrol Tinggi!

Gaya hidup dan mengkonsumsi kopi bisa memicu kolestrol tinggi/Foto: Ilustrasi--ishutterstock.com

Siapa Sangka, Gaya Hidup dan Banyak Mengkonsumsi Kopi Ternyata Bisa Memicu Kolestrol Tinggi!

RK ONLINE - Kolesterol tinggi pada usia muda dapat menjadi masalah serius yang memerlukan perhatian khusus. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan kolesterol pada usia muda adalah gaya hidup yang tidak sehat

 

Namun ternyata, kolestrol tinggi bukan hanya disebkan oleh makanan saja. Terdapat beberapa penyebab kolestrol tinggi diusia muda, salah satunya adalah mengkonsumsi kopi yang berlebihan. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan jumlah mengkonsumsi kopi setiap hari.

 

Memang benar, kopi sama sekali tidak mengandung kolestrol. Akan tetapi salah satu hal yang perlu diperhatikan saat ngopi adalah, asupan kafein dari konsumsi kopi itu sendiri.

BACA JUGA:Simak Baik-Baik, Begini Cara Menghindari Rem Blong Pada Motor Matic Saat Turunan!

Sebab kandungan kafein dalam kopi, dapat mempengaruhi produksi dan metabolisme kolesterol dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi kopi yang berlebihan, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

 

Bukan hanya itu saja, beberapa jenis kopi mengandung senyawa kawat yang dapat meningkatkan produksi kolesterol dalam tubuh. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kopi dapat berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit jantung dan masalah kolesterol.

 

Selain faktor konsumsi kopi, gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi pada usia muda. Kebiasaan makan yang tidak seimbang, terutama mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol, dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Kurangnya aktivitas fisik juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

BACA JUGA:Dijamin Tetap Segar, Berikut 8 Tips Menyimpan Daging Sapi dan Kambing Yang Baik dan Benar!

Beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi kolesterol tinggi pada usia muda juga meliputi faktor genetik, riwayat keluarga dengan masalah kolesterol tinggi dan kondisi medis tertentu seperti obesitas, diabetes dan hipertensi. Untuk mencegah dan mengatasi kolesterol tinggi pada usia muda, penting untuk menjaga gaya hidup yang sehat. 

Sumber: