Ini Yang Akan Terjadi Jika Rokok Ilegal Terus Beredar

Ini Yang Akan Terjadi Jika Rokok Ilegal Terus Beredar

HASIL RAZIA: Ribuan batang rokok ilegal berhasil disita petugas Satpol PP dari sejumlah tempat di Kabupaten Majalengka.----Radarmajalengka.disway.id

Ini Yang Akan Terjadi Jika Rokok Ilegal Terus Beredar

RK ONLINE - Rokok ilegal merujuk pada rokok yang beredar di masyarakat tanpa memiliki izin cukai. Cukai merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang digunakan untuk manfaat masyarakat. 

 

Dengan adanya rokok ilegal, pendapatan negara akan menurun. Dampaknya adalah berkurangnya dana yang dapat dikembalikan kepada masyarakat baik melalui berbagai program langsung maupun pembangunan negara.

 

Humas Bea dan Cukai Kantor Madiun Tri Haryono saat diskusi "Bahaya Rokok Tanpa Cukai" di Rasi FM mengatakan pengedaran Rokok Ilegal dapat menciptakan sebuah ekosistem atau rantai mata uang negara, Jika Rokok Ilegal masih beredar maka ekosistem negara akan tergangu.

BACA JUGA:Menjual Rokok Ilegal Pedagang Diancam Hukuman 5 Tahun Penjara, Berikut Daftar Rokok Ilegal di Indonesia!

 "Rokok ilegal ini menciptakan sebuah ekosistem atau rantai mata uang. Mulai dari industri rokok hingga sektor ekonomi yang terkait. Jika rokok ilegal terus ada, maka ekosistem ini akan terganggu," ujar Tri.

 

Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan Kejaksaan Magetan  Gabriel, menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada kasus rokok ilegal di Kabupaten Magetan. Hal ini dipengaruhi oleh kesadaran masyarakat Magetan tentang bahaya rokok ilegal.

 

 "Kami merasa masyarakat sudah memahami bahaya rokok ilegal. Sehingga kesadaran untuk mengonsumsi rokok legal lebih tinggi." Ujar Gabriel.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Magetan Cahaya Wijaya,  juga mendukung upaya pemberantasan rokok ilegal di Magetan. Kehadiran rokok ilegal membuat Pemerintah Daerah Magetan sulit mengetahui jumlah rokok tanpa cukai yang beredar.

Sumber: