BISA BAHAYA! Ini Dia Tanda-Tanda Kampas Rem Kendaraan Wajib Segera Diganti

BISA BAHAYA! Ini Dia Tanda-Tanda Kampas Rem Kendaraan Wajib Segera Diganti

Ilustrasi menganti kampas rem di bengkel resmi - --otosia.com

BISA BAHAYA! Ini Dia Tanda-Tanda Kampas Rem Kendaraan Wajib Segera Diganti

RK ONLINE - Sistem pengereman memang perlu diperhatikan khusus apalagi kendaraan tersebut sering ikut serta dalam keseharian anda.

 

Pengereman merupakan proses mengurangi kecepatan atau menghentikan pergerakan kendaraan, baik itu mobil, motor, atau sepeda, menggunakan sistem pengereman yang ada. 

 

Maka dari itu Penting untuk menjaga sistem pengereman dalam kondisi baik dengan melakukan perawatan rutin, pemerikasaan secara teratur harus dilakukan pada bebarapa komponen rem seperti kampas rem, ketebalan cakram rem, atau keausan rem tromol. 

BACA JUGA:Cara Efektif Merawat Radiator Mobil Agar Awet dan Tahan Lama

Pastikan juga kabel rem dan sistem hidrolik bekerja dengan baik. Jika Anda mencurigai adanya masalah dengan sistem pengereman, segera periksakan ke bengkel atau mekanik terpercaya.

 

Terdapat beberapa tanda yang dapat menunjukkan bahwa kampas rem kendaraan roda dua maupun roda empat yang perlu diganti dengan segera. 

 

Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah kampas rem mobil Anda harus diganti:

1. Bunyi berdecit atau berderit saat mengerem

Jika Anda mendengar bunyi berdecit atau berderit saat menginjak rem, itu bisa menjadi tanda bahwa kampas rem sudah aus dan perlu diganti. Bunyi tersebut dihasilkan oleh gesekan logam antara kampas rem dan cakram atau drum rem.

Sumber: