Ada Doa Iftitah Dalam Salat, Simak Bacaan dan Hukum Membacanya

Ada Doa Iftitah Dalam Salat, Simak Bacaan dan Hukum Membacanya

DOK/Net : Ilustrasi--

 

RK ONLINE - Saat kita mengerjakan salat wajib 5 waktu, setelah takbiratul ikhram disunahkam membaca doa iftitah merupakan bagian dari amalan sunah  sebelum membaca surat Al-Fatihah. Hal ini dijelaskan dalam kitab Al Fiqh Al Manhaji Ala Madzhab Al Imam Asy Syafi'i.

 

 

Secara umum, arti doa iftitah adalah bagian dari pembuka dalam ibadah salat atau kunci yang mengungkapkan pujian atas kebesaran Allah SWT. Arti doa iftitah juga berisi pengakuan dari manusia atas sikap lemah dan lengah. Arti doa iftitah sekaligus ungkapan permohonan kepada Allah untuk mendapatkan perlindungan dan pengampunan-Nya.

 

 

Rasulullah SAW bersabda:  "Barangsiapa yang mau menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku dan diamalkan oleh manusia. Maka ia akan memperolehkan pahala seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun." (HR. Ibnu Majah, No. 209)

 

 

 

Seperti dikutip dalam ulasan  Liputan6.com ulas arti doa iftitah, bacaan, dan asal hukum membacanya dalam salat lebih jauh.

 

 

 

Bacaan dan Arti Doa Iftitah dari Muhammadiyah

 

 

 

1. Bacaan Doa Iftitah dan Arti Doa Iftitah Pertama

 

Allaahumma baa’id bainii wabainaa khotoo yaa ya kamaa baa ‘adta bainal masyriqi wal maghrib

 

 

 

Arti doa Iftitah:

 

"Ya Allah, jauhkanlah antara diriku dan di antara kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat.”

 

 

Sumber: