Turunkan Stunting, Dikbud Berdayakan PAUD

Turunkan Stunting, Dikbud Berdayakan PAUD

Kadis Dikbud Nining Fawely Pasju, S.Pt. MM--

RK ONLINE  - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang menjadi salah satu bagian bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten untuk ikut serta dalam melakukan penanganan dan pencegahan stunting.

 

Kadis Dikbud Nining Fawely Pasju, S.Pt. MM menjelaskan  pihaknya membuat program memaksimalkan pemanfaatan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD) untuk menyelenggarakan kegiatan edukasi mengenai stunting melalui penyuluhan kepada orangtua.

 

Kemudian, dikatakan Nining pada penggunaan BOP PAUD diarahkan agar menyiapkan anggaran makanan tambahan yang bergizi dan sehat bagi anak-anak peserta didik.

 

"Dikbud menjadi salah satu unsur penunjang dalam penanganan dan pencegahan stunting di Kabupaten Kepahiang, yakni di sektor PAUD. Dimana, melalui program pusat sudah memiliki guru PAUD sebagai pelatih penurunan stunting, bagaimana nanti diarahkan pada pemanfaatan BOP PAUD untuk kegiatan edukasi dan penyediaan makanan sehat dan bergizi untuk anak," jelas Nining.

 

Nining menjelaskan menekan angka stunting mulai dari PAUD ini sesuai dengan intruksi Kemendikbud, mengingat usia dini merupakan usia emas tumbuh kembang anak sehingga investasi pada usia dini merupakan investasi bernilai paling tinggi.

 

BACA JUGA:Ada Yang Tau, Saat Ini Seluruh Masyarakat Kepahiang 'Dilarang Merokok'!

 

"Harapan PAUD merupakan kunci dari keberhasilan SDM sepanjang hayat dan tumbuh kembang anak menentukan kehidupan mereka selanjutnya," kata Nining.

 

Diketahui, masih tingginya prevalensi stunting saat ini, menjadi keprihatinan bersama sehingga persoalan stunting bukan sekedar masalah kesehatan gizi buruk.

 

Namun juga masalah kemanusiaan yang membutuhkan komitmen dari seluruh pihak.

 

"Seperti, meningkatkan pengetahuan kepada orang tua terkait pemberian gizi serta pola asuh anak di usia dini. Oleh karenanya, upaya lain yang tengah dilakukan Kemendikbud adalah peningkatan kompetensi guru PAUD. Tenaga pendidik PAUD harus sensitif gizi. Selain itu harus mampu mendorong stimulasi, baik terkait pola makan, pola asuh maupun sanitasi," tutup Nining.

Sumber: