'WARTAWAN' BERGENTAYANGAN

'WARTAWAN' BERGENTAYANGAN

Hendika Andesta--Radarkepahiang.id

'WARTAWAN' BERGENTAYANGAN

RK ONLINE - "Gimana Cair," tanya seorang pria dengan senyum sumringah yang kemudian dilengkapinya dengan beberapa kata sampingan yang menurut penilaian saya, bermaksud untuk memberi tahu jika dirinya juga menggeluti profesi yang sejak lama saya tekuni.

 

Bukan kali ini saja, kata-kata yang terkadang membuat saya mendadak Ilfeel ini, sering saya temukan bahkan hampir setiap kali mendekati lebaran, khususnya lebaran Idul Fitri. Tapi mau bagaimana lagi, ya sudalah. Memang beginilah kenyataannya dan beginilah adanya. 

BACA JUGA:Benarkah Ida Dayak ke Bengkulu? Ini Faktanya!

Lagi pula, momen yang datangnya sekali dalam setahun ini, memang menjadi "kesempatan" bagi sejumlah orang untuk "bersilaturahmi" dan saling maaf memaafkan menjelang lebaran.

 

Bukan hanya di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu, tempat di mana saya belajar dan masih terus belajar dengan profesi ini. Apa yang saya dapati selama ini, ternyata juga demikian terjadi di daerah lainnya. 

 

Memang, terhitung H-7 lebaran Idul Fitri, biasanya perputaran keuangan masyarakat di hampir seluruh daerah, mengalami peningkatan yang cukup tinggi dari biasanya.

BACA JUGA:TANPA TES Allhamdulillah Tenaga Honorer K2 Paling Berpeluang Diangkat Menjadi PNS

Tidak heran jika setiap kali mendekati lebaran, orang-orang memiliki uang lebih karena besarnya kebutuhan. Hal ini tentunya juga terjadi kepada mereka yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Terutama keuangan kalangan PNS yang sudah mengemban amanah sebagai seorang pejabat dan pemangku kebijakan.

 

Karena bukan hanya gaji plus tunjangan rutin bulanan dan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) saja, kewajiban negara dalam merealisasikan Tunjangan Hari Raya (THR) tanpa potongan bank, semakin membuat pejabat di lingkungan pemerintahan terlihat "gendut" menjelang lebaran.

Sumber: