Ini 6 Tips dan Trik Agar Kuat Menjalankan Ibadah Puasa Hari Pertama Ramadhan 2023, Nomor 6 Sangat Berpengaruh

Ini 6 Tips dan Trik Agar Kuat Menjalankan Ibadah Puasa Hari Pertama Ramadhan 2023, Nomor 6 Sangat Berpengaruh

Tips dan trik agar kuat melaksanakan ibadah puasa hari pertama.--ilustrasi-Pixabay/mohamed_hassan

RK ONLINE - Bulan suci Ramadan 1444 Hijriah atau Ramadhan 2023 hanya tinggal menghitung hari. Sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim, melaksanakan ibadah puasa setiap kali bulan suci Ramadhan tiba. 

 

Sebagai rukun Islam yang ke 3, berpuasa di bulan suci Ramadhan, merupakan kewajiban yang harus dilakukan selama satu bulan penuh dalam satu kali setahun oleh setiap umat muslim.

BACA JUGA:PNS, ASN dan Tenaga Honorer Libur Panjang, Pemerintah Resmi Terbitkan SE Libur Menyambut Ramadhan 2023

Namun tidak jarang mendengar, menjalankan ibadah puasa hari pertama terkadang menjadi puasa terberat selama bulan suci Ramadhan. Hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor yang dialami oleh hampir semua orang yang melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Seperti kehilangan semangat untuk beraktivitas, rasa lapar dan haus yang luar biasa hingga mengalami asam lambung yang berujung sakit Maag.

 

Maka dari itu melalui artikel ini, kami sajikan 6 tips dan trik agar kuat menjalani ibadah puasa hari pertama Ramadhan 2023. Adapun 6 tips dan trik puasa pertama yang bisa dilakukan sebagai berikut:

 

1. Istirahat yang cukup

Selain mengalami banyak godaan yang menggiurkan, tidak sedikit orang yang sampai kehilangan semangat dan tenaga saat menjalani ibadah puasa hari pertama di bulan suci Ramadhan. Bahkan banyak orang yang sampai kehilangan fokus dalam bekerja atau beraktivitas saat menjalani puasa pertama.

BACA JUGA:Ini Sederet Sektor Petanian Sasaran Pendataan Petugas Sensus Pertanian 2023 Badan Pusat Statistik

Ini merupakan hal yang wajar dan memang dialami oleh banyak orang saat melaksanakan ibadah puasa, khususnya puasa hari pertama. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang kurang tenaga karena kurangnya waktu tidur dan istirahat. Sebab selain harus bangun pagi untuk menyantap sahur, kebanyakan orang mengalami gejala kurang tidur sampai akhirnya mengantuk pada siang hari.

 

Namun hal ini bisa diatasi dengan cara mengatur pola tidur agar mendapatkan waktu istirahat yang cukup serta menghindari kegiatan yang membuatmu begadang atau tidur larut malam. Karena pada umumnya manusia memerlukan waktu tidur 7 hingga 8 jam dalam sehari. Namun ketika berpuasa, waktu tidur manusia bervariasi umumnya sekitar 6 - 7 jam.

Sumber: