Stok Daging Dipastikan Aman

Stok Daging Dipastikan Aman

DOK/RK : Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu, drh. M Syarkawi--

RK ONLINE - Menjelang hari-hari besar momok kenaikan harga dan kelangkaan daging kerap sekali terjadi dan menjadi fenomena yang rutin setiap tahunnya. Terlebih, harga daging sering  tidak terkontrol saat stok kebutuhan daging sering kehabisan, sehingga persoalan ini menjadi perhatian penting untuk diatasi.

 

Terkait hal itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu, drh. M Syarkawi menyebut jika masyarakat tidak perlu risau karena dipastikan kebutuhan daging menjelang bulan puasa Ramadhan dipastikan aman.

 

"Jika berdasarkan pengalaman tahun-tahun lalu stok sapi potong kita menjelang ramadhan itu rata-rata cukup, jadi memang kalau menjelang hari-hari besar pasti adanya lonjakan harga. Kalau soal stok insyaallah kita pastikan aman," sampai Syarkawi, Jumat (24/2).

 

BACA JUGA:Timsel : Hanya 50 Orang Lanjut Tahapan Seleksi Komisioner KPU

 

Ia menambahkan, masyarakat tidak boleh terlalu mengkhawatirkan soal stok daging. Karena untuk permasalahan stok daging selama ramadhan dan lebaran sudah dipersiapkan oleh Disnakeswan dan kebutuhannya belum bisa dipastikan. Hal ini mengingat  jika kebutuhan daging tahunan sendiri tidak bisa dipastikan secara pasti, mengingat kondisi pasar jika ada kenaikan dan masyarakat kesulitan mendapatkan daging maka adanya kekurangan stok.

 

"Indikasinya kalau terjadi kelangkaan stok di lapangan itu harga akan melonjak drastis dan masyarakat kesulitan mendapatkan daging, tapi nyatanya hingga kini keterpenuhan kebutuhan daging di pasaran itu masih terjaga dengan baik dan tidak ada kesulitan-kesulitan masyarakat dalam mendapatkan daging," ujar Syarkawi.

 

Disnakeswan Provinsi Bengkulu juga terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan OPD atau instansi terkait untuk memastikan ketersediaan stok kebutuhan daging selama menjelang hari-hari besar. Sebagai contoh berkoordinasi dengan Bulog terkait ketersediaan daging beku sebagai alternatif jika sewaktu-waktu adanya kekurangan stok daging segar.

 

Sumber: