Warung Pojok Minim Sarana Pendidikan dan Kesehatan

Warung Pojok Minim Sarana Pendidikan dan Kesehatan

DOK/RK : PARAH : Selain sarana pendidikan, kesehatan, kondisi jalan Desa Warung Pojok juga sudah cukup parah.--

RK ONLINE - Desa Warung Pojok Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu masih layak disebut desa sulit. Karena sejak berdiri tahun 2007 lalu, hingga sekarang sejumlah fasilitas pelayanan di desa tersebut masih sulit didapatkan. Sudah belasan tahun, Desa Warung Pojok tidak mempunyai sarana pendidikan, sarana kesehatan termasuk kondisi jalan yang masih sangat buruk dan tidak layak untuk dilewati.

 

"Sekolah tidak ada, layanan kesehatan tidak ada dan sejumlah fasilitas lainnya juga tidak tersedia. Mungkin bisa kita sebutkan, hanya balai desa atau kantor desa yang ada bangunannya. Tapi kondisinya sekarang sudah rusak parah dan tidak bisa dilakukan perbaikan," jelas Kades Warung Pojok, Supian Aidi.

 

Dirinya berharap Pemkab Kepahiang dalam hal proses pembangunan, baik kesehatan, pendidikan dan sejumlah pembangunan lainnya jangan hanya memprioritaskan wilayah perkotaan saja. Karena di plosok desa juga sangat membutuhkan pembangunan, sehingga pembangunan di Kabupaten Kepahiang  bisa merata dan bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Kepahiang.

 

"Kalau hanya mengandalkan pembangunan di perkotaan saja, sudah pasti di plosok desa akan tertinggal. Salah satu contohnya desa kami ini (Warung Pojok, red), untuk berobat saja susah dan masyarakat harus menempuh perjalanan yang jauh," tambah Kades.

 

BACA JUGA:Balai Desa Warung Pojok Hancur

 

Menurutnya, salah satu contoh pelayanan kesehatan masuk dalam kebutuhan prioritas masyarakat Kabupaten Kepahiang dan seharusnya disiapkan oleh pemerintah. Tapi beda halnya dengan Desa Warung Pojok Kecamatan Muara Kemumu, lantaran hingga sekarang tidak satupun adanya bidan desa di desa setempat. Dengan itupula menyulitkan masyarakat Desa Warung Pojok untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, karena ketika akan melakukan pengobatan jika tidak ke Kabupaten Kepahiang maka akan ke Kabupaten Rejang Lebong.

 

"Pernah diajukan supaya adanya bidan desa kepada Pemkab Kepahiang, tapi realisasi hingga sekarang belum ada. Untuk pergi ke pelayanan kesehatan Puskesmas Batu Bandung juga masih jauh, jarak antara Desa Warung Pojok dengan Desa Batu Bandung kisaran 60 kilometer," demikian Kades.

Sumber: