Tunggu Kuota Formasi PPPK PPL

Tunggu Kuota Formasi PPPK PPL

DOK/RK : Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKp--

RK ONLINE - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP menyebutkan bahwa tahun 2023 ini akan dilaksanakan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) khusus formasi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

 

Hanya saja, Hernawan belum mengetahui berapa formasi yang ditetapkan untuk Kabupaten Kepahiang. Informasi PPK tersebut bisa diketahui melalui BKDPSDM, yang melaksanakan tahapan rekrutmen.

 

"Harapan kita alokasi formasi PPPK PPL nantinya dapat mencukupi kebutuhan penyuluh lapangan, mengingat sebelumnya sudah ada 22 PPL yang diangkat PPPK. Iya tahun ini ada seleksinya (PPPK penyuluh pertanian, red), itu informasi dari pemerintah pusat. Sudah barang tentu harapan kita, alokasi formasi untuk Kabupaten Kepahiang ada. Selain PPPK Guru serta kesehatan, tenaga penyuluh sudah lebih dulu ada yang diangkat PPPK. Kini kita sedang menunggu kuota formasinya," jelas Hernawan, Selasa (21/2).

 

Sementara itu menurut Hernawan, hingga saat ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut belum merekrut kembali Tenaga Harian Lepas (THL) PPLyang menyebabkan aktivitas penyuluhan pertanian sampai dengan April mendatang stagnan. Karena berdasarkan regulasi dan ketersediaan anggaran pada Dinas Pertanian alokasi anggaran untuk pembiayaan honor THL hanya cukup untuk 9 bulan saja.

 

BACA JUGA:Final, HL Konak 24.401 M2 Sah Milik Kepahiang

 

"Maka dari itu THL penyuluh pertanian baru akan kita rekrut pada April mendatang, itupun dari jumlah tenaga penyuluh THL sebelumnya 80 orang, nanti berkurang menjadi 70-an orang saja, karena keterbatasan anggaran. Jadi mereka hanya dapat bertugas membantu selama 9 bulan. Sementara kegiatan penyuluhan pertanian 4 bulan ini stagnan," ungkap Hernawan.

 

Disinggung terkait dengan kriteria THL PPL yang akan direkrut nantinya, lanjut dijelaskan oleh Hernawan, OPD tidak merekrut tenaga baru, yakni hanya memperpanjang kontrak terhadap tenaga harian lepas lama yang sudah sesuai bidangnya.

Sumber:

Berita Terkait