Kekurangan Guru di Daerah Perlu Segera Diatasi

Kekurangan Guru di Daerah Perlu Segera Diatasi

FOTO/TIM RIRI : Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief.--

RK ONLINE - Dunia pendidikan DI Kabupaten Kepahiang menghadapi masalah kekurangan guru atau tenaga pengajar di sekolah-sekolah setelah puluhan Guru ASN memasuki masa pensiun sebagaimana dilaporkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepahiang, belum lama ini.

 

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, pendidikan merupakan sarana pembentuk pribadi dan karakter manusia unggul merupakan hal penting terlebih di era yang telah terglobalisasi seperti saat ini.

 

"Kondisi sumber daya manusia sebuah daerah sangat ditentukan dengan kualitas pendidikan di wilayah tersebut. Pendidikan hal paling penting diperhatikan untuk membangun daerah. Kekurangan guru ini harus jadi perhatian serius kementerian terkait," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Jumat (10/2).

 

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, kekurangan guru ini bukan hanya satu-satunya masalah pendidikan di berbagai daerah, namun juga ada masalah kesejahteraan, sebarannya di pelosok dan perlindungan hukum atas profesi yang dijalankan.

 

"Kalau negara mau membangun peradaban yang maju, kualitas sumber daya manusia ini harus betul-betul diperhatikan, rumah sekolah-rumah sekolah harus dalam keadaan baik untuk kegiatan belajar mengajar, fasilitasnya lengkap, perpustakaannya nyaman," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

 

Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kepahiang ini menekankan, pemerataan dan penataan jumlah guru ini harus dapat dipenuhi sesuai kebutuhan, tak terkecuali di daerah pelosok atau pedalaman.

 

BACA JUGA:Senator Riri : Hentikan Kriminalitas dari Akarnya

 

Sumber: