Menanti 100 Unit LPJUTS dari Kementerian

Menanti 100 Unit LPJUTS dari Kementerian

Kadis Perhubungan Kabupaten Kepahiang, Febrian Hendra, S.Sos--

RK ONLINE - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kepahiang, berjanji akan terus berbenah untuk penerangan umum di Kabupaten Kepahiang. Jika tidak ada aral melintang, maka dalam waktu dekat ini Dishub mendapatkan bantuan 100 unit Lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (LPJUTS) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI. Bantuan ini akan menambahkan titik penerangan lampu penerangan jalan umum di Kepahiang.

 

Kepala Dishub Kabupaten Kepahiang, Febrian Hendra, S.Sos menjelaskan, bantuan LPJUTS dari kementerian ini merupakan buah dari kerja keras Pemkab Kepahiang selama ini. "Kita sudah mendapatkan pemeritahuan dari Kementerian ESDM bahwa usulan LPJUTS yang kita sampaikan akan diakomodir, tinggal lagi dalam waktu dekat ini dilakukan penjemputan ke kementerian, sehingga bisa dilakukan pemasangan di Kabupaten Kepahiang," kata Febrian, kemarin.

 

Dipaparkan Febrian, untuk titik - titik pemasangan LPJUTS ini, dimungkinkan akan tersebar di sejumlah kecamatan. Sehingga dengan pemasangan 100 unit LPJUTS ditambah 1.331 titik LPJU yang telah diperbaiki sebelumnya, diyakini ke depan seluruh wilayah Kabupaten Kepahiang memiliki penerangan di malam hari.

 

"Untuk lokasi pemasangan, akan kita sinkronkan dengan lampu jalan yang sudah terpasang, sehingga nanti wilayah yang memang membutuhkan, semua bisa terakomodir," demikian Febrian.

 

BACA JUGA:Urutan ke 6 Termiskin di Bengkulu

 

Untuk diketahui, Kabupaten Kepahiang mempunyai 1.331 titik lampu jalan yang sudah terpasang. Hanya saja dari total tersebut, 579 titik sudah rusak atau tidak menyala pada malam hari.

 

Sebarannya di Kecamatan Kabawetan 59 titik, di Ujan Mas 141 titik, di Bermani Ilir 109 titik, di Tebat Karai 92 titik serta di Kecamatan Seberang Musi 58 titik, Merigi 49 titik, dan Kecamatan Muara Kemumu 75 titik. Sementara itu di Kecamatan Kepahiang 197 titik yang rusak sudah diperbaiki akhir 2022 lalu. Sedangkan 556 lampu jalan lainnya, sejauh ini masih bagus dan menyala di malam hari.

Sumber: