Verfak Dukungan Balon DPD RI, KPU Lebong Bentuk 4 Tim

Verfak Dukungan Balon DPD RI, KPU Lebong Bentuk 4 Tim

DOK/RK : BIMTEK : KPU Lebong menggelar bimtek kepada PPS dan PPK terkait verfak dukungan balon DPD RI.--

RK ONLINE - KPU Kabupaten Lebong Selasa (7/2) menggelar bimbingan teknis (bimtek) terhadap 208 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan 12 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terkait verifikasi faktual (verfak) dukungan bakal calon (balon) DPD RI.

 

Dari 12 balon DPD RI hanya 11 yang memiliki keterwakilan dukungan di Kabupaten Lebong. Sedangkan 1 balon lainnya yakni Edi Agusdin tak memiliki dukungan di Kabupaten Lebong. Total ada 1.016 sampel dukungan 11 balon DPD di Kabupaten Lebong yang akan menjadi sasaran verfak. Bahkan KPU Lebong sudah membentuk 4 tim verifikator yang akan mendatangi rumah-rumah sampel mulai hari ini (8/2).

 

Ketua KPU Lebong, Salahuddin Al Khidhr, SE menjelaskan bimtek yang dilakukan terhadap PPS dan PPK ini dilakukan sebagai langkah satu persiapan sebelum tim verifikator turun ke lapangan. Setiap PPS diminta untuk mulai membuat rancangan kerja serta memetakan data dukungan balon DPD yang ada diwilayah kerjanya masing-masing.

 

"Sehingga ketika tim verifikator turun, maka sudah mendapat gambaran lokasi rumah sampel yang akan diverifikasi, " kata Khidir.

 

Lebih jauh ia menjelaskan ada beberapa metode verfak yang bisa dilakukan. Selain tim yang akan mendatangi langsung rumah sampel, verfak juga bisa dilakukan melalui masing-masing leisson oficcer (LO) balon DPD yang menghadirkan sampel pendukung atau bisa juga melalui virtual.

 

BACA JUGA:KPU Lebong Vermin 372 Dukungan Perbaikan 4 Balon DPD RI

 

"Kami pastikan seluruh dukungan yang masuk di Kabupaten Lebong akan diverifikasi, dengan kemudahan metode verifikasi ini tak ada alasan untuk tak bisa diverifikasi, " lanjut Khidir.

 

Sumber: