Siapkan Agenda Operasi Pasar Murah

Siapkan Agenda Operasi Pasar Murah

DOK/RK : Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kepahiang, Jan Johanes Dalos.--

RK ONLINE - Menjelang Ramadhan 1444 H/2023 M, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kepahiang menyiapkan agenda operasi pasar murah. Hal ini dilaksanakan guna mengantisipasi terjadinya lonjakan harga bahan pokok penting, terutama untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok dengan harga subsidi yang biasanya diselenggarakan oleh Perum Bulog. Demikian disampaikan Kadisdag Koperasi UKM Kabupaten  Kepahiang, Jan Johanes Dalos, S.Sos melalui Kabid Perdagangan, Abdullah, SE Selasa (7/2). 

 

Nantinya, terang Abdullah, skema pasar atau bazar bahan pokok murah akan dilaksanakan pada beberapa titik di wilayah kecamatan. "Agenda bazar pasar murah ini rencananya akan diselenggarakan pada bulan ramadhan nanti dengan menggandeng Perum Bulog, memang biasa dilaksanakan pada bulan ramadhan. Berapa titiknya belum difinalkan," kata Abdullah.

 

Saat ini, dijelaskan Abdullah, pihaknya bersama dengan petugas pengawas perdagangan rutin melaksanakan pemantauan ketersediaan dan harga-harga bahan pokok di Pasar Kepahiang maupun di pasar-pasar pekan kecamatan. Tujuannya untuk memastikan kelancaran distribusi dan tidak terjadinya lonjakan harga yang terlampau ekstrem.

 

BACA JUGA:Hanya Mampu Tampung Sampah Hingga 4 Tahun

 

"Pada beberapa komoditi memang ada yang mengalami kenaikan, tapi tidak terlalu signifikan. Namun yang pasti, saat ini ketersediaan bahan pokok dan harga-harga mayoritas stabil," ujar Abdullah.

 

Disisi lain, ia menegaskan dan mengimbau para pedagang untuk tidak menimbun sembako yang merupakan bahan pokok penting kebutuhan masyarakat, serta tidak mempermainkan harga hingga terjadinya lonjakan.

Sumber: