KPU Datangi 1.408 Rumah Warga

KPU Datangi 1.408 Rumah Warga

DOK/RK : RAPAT : Senin (6/2), KPU Kabupaten Kepahiang melaksanakan rapat bersama sejumlah pihak, sebagai persiapan melaksanakan Verfak terhadap dukungan Balon DPD RI. --

RK ONLINE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang mulai melaksanakan Verifikasi Faktual (Verfak) terhadap KTP dukungan 12 Bakal Calon (Balon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Pemilu 2024 dari Dapil Provinsi Bengkulu. Verfak dilakukan dengan cara mengunjungi masing - masing rumah warga yang terdata memberikan KTP dukungan.

 

Berdasarkan data yang diterima dari KPU Provinsi Bengkulu, total petugas dari KPU Kabupaten Kepahiang harus melaksanakan Verfak terhadap 1.408 warga. Untuk mempermudah prosesnya, Balon DPD RI diminta untuk memastikan pendukung masing - masing, tetap berada di rumah saat pelaksanaan Verfak. Ini disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Kepahiang, Supran Efendi, S.Sos.I, M.Pd, Senin (6/2).

 

Dikatakan Supran, pihaknya sudah melaksanakan rapat bersama Bawaslu Kabupaten Kepahiang dan sejumlah pihak lainnya berkaitan pelaksanaan Verfak. "Hari ini (Kemarin, red) Verfak mulai kita laksanakan, masyarakat yang memberikan dukungan kepada Balon DPD RI akan kita kunjungi satu per satu. Dari situlah nantinya akan diketahui apakah masyarakat tersebut benar memberikan dukungan atau tidak. Total ada 1.408 yang harus dilakukan Verfak dan itu tersebar di seluruh kecamatan," kata Supran.

 

Lebih lanjut dikatakannya, hasil Verfak nantinya akan disampaikan ke KPU Provinsi Bengkulu. Karena setelah Verfak tahap I ini, akan ada Verfak tahap II apabila ada dari Balon DPD RI yang harus melakukan perbaikan. Karena Verfak KTP dukungan juga mengenai Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

 

BACA JUGA:44 DPD Dukungan TMS

 

"Kami hanya menjalankan saja, yang menentukan TMS atau MS secara keseluruhan itu KPU provinsi," demikian Supran.

 

Berdasarkan aturan yang ada, masing - masing Balon DPD RI minimal memiliki 2.000 KTP dukungan tersebar di 50 persen kabupaten/ kota di Provinsi Bengkulu. Untuk di Kabupaten Kepahiang, total ada 2.569 KTP dukungan.

 

Sumber: