Siap-siap BPHTB dan PBBP2 Tahun Ini Naik

Siap-siap BPHTB dan PBBP2 Tahun Ini Naik

DOK/RK : Kabid Pendapatan BKD Lebong, Monginsidi, S.Sos--

RK ONLINE - Ditahun 2022 lalu, Bidang Pendapatan BKD Lebong telah melakukan penilaian ulang terhadap Zona Nilai Tanah (ZNT) yang dilakukan dengan menggandeng pihak ketiga.

 

Hal ini akan berdampak terhadap Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang berimbas terhadap besaran pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan (BPHTB) maupun Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBBP2). 

 

Kabid Pendapatan BKD Lebong Monginsidi, S.Sos menjelaskan saat ini pihaknya tengah menyusun draf Peraturan Bupati (Perbup) untuk menetapkan ZNT sesuai dengan kajian yang sebelumnya telah dilakukan oleh pihak ketiga tahun 2022 lalu. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

"Ini akan berpengaruh terhadap nilai jual tanah dan bangunan sehingga diharapkan bisa meningkatkan BPHTB maupun PBBP2 tahun ini, " kata Monginsidi.

 

Meski memastikan ada kenaikan NJOP, ia mengaku belum mengetahui berapa persentasi kenaikan tersebut karena masih menunggu ditetapkan melalui Perbup. Ia memastikan kenaikan ini dilakukan sudah melalui tahapan kajian-kajian yang matang sehingga tidak memberatkan masyarakat. 

 

"Angkanya belum tahu, nanti akan ditetapkan lewat Perbup. Kami targetkan sebelum DHKP dan SPPT PBBP2 dibagikan zona nilai tanah ini sudah ditetapkan, " tambah Monginsidi.

 

BACA JUGA:Hanya 35 Desa Lunas, PBBP2 Sisakan Rp 100 Juta 

 

Sumber: