Harga 3 Bapokting Naik

Harga 3 Bapokting Naik

DOK/RK : CEK : Satu per satu petugas pengawas perdagangan melakukan pengecekan bahan pokok penting di pasar Kepahiang.--

RK ONLINE - Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kepahiang rutin melaksanakan pemantauan kestabilan harga sejumlah Bahan Pokok Penting (Bapokting). Pada pekan pertama Februari 2023, petugas pengawas perdagangan memastikan bahwa ketersediaan Bapokting mencukupi. Namun menemukan sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan.

 

Diantaranya, kenaikan harga beras medium yang semula Rp 11.000 per kilogram menjadi Rp 11.250 per kilogram, beras kualitas super atau premium dari Rp 12.000 per kilogram menjadi Rp 12.500 per kilogram.

 

Kemudian, kenaikan harga komoditas gula pasir yang semula Rp 13.500 per kilogram menjadi Rp 14.000 perkilogramnya, dan kenaikan harga minyak goreng merk Minyakita dan Sip yang semula Rp 15.000 perkilogram menjadi Rp 16.000 perkilogram.

 

"Terjadi perubahan harga beras kualitas media dan beras kualitas premium, cabe besar, dan minyak goreng kemasan sederhana. Seperti kenaikan beras dikarenakan belum ada panen dari petani lokal, serta pasokan beras dari daerah yang juga menurun," jelas Kadis Perdagangan, Kop dan UKM Kabupaten Kepahiang, Jan Johanes Dalos, S.Sos melalui Kabid Perdagangan, Abdullah, SE kemarin.

 

BACA JUGA:Minyakita Dijual di Atas HET

 

Namun begitu, dijelaskan Abdullah, tidak terdapat lonjakan bahan pokok penting yang signifikan karena masih dalam kategori wajar. Selain itu, pihaknya memastikan tidak terjadi kelangkaan Bapokting dengan ketersediaan yang cukup aman.

 

"Dari pantauan yang kita lakukan tak ada lonjakan pada komoditas lain dan Bapokting masih tersedia atau tidak terjadi kelangkaan. Namun yang terus kita pantau adalah harga minyak goreng yang sesuai dengan instruksi pemerintah harus dijual berdasarkan harga eceran tertinggi," demikian Abdullah.

Sumber: