Disnakertrans Siapkan Program Pelatihan Kerja

Disnakertrans Siapkan Program Pelatihan Kerja

DOK/RK : Sekretaris Disnakertrans Rejang Lebong Pelly Angraini, SE--

RK ONLINE - Dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Rejang Lebong akan menggelar program pelatihan kerja. Prioritasnya bagi masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan tetap sebagai salah satu upaya meningkat keterampilan.

 

"Khususnya bagi masyarakat yang baru tamat sekolah SMA sederajat. Setelah didata selanjutnya akan dikirim ke Balai Latihan Kerja UPTD Provinsi Bengkulu, " kata Sekretaris Disnakertrans Rejang Lebong Pelly Angraini, SE.Adapun jenis keterampilan yang dibuka yaitu, keterampilan las, perbengkelan, menjahit, kuliner dan bidang lainnya. Program ini rencananya akan dimulai pada pertengahan tahun 2023 mendatang dengan kuota yang disiapkan sebanyak 20 orang.

 

"Selain menyiapakan program pelatihan kerja, tahun ini kami juga berencana akan mengadakan job fair. Rencananya akan dipusatkan di GOR Curup, saat ini masih dipersiapkan dan masih akan dibahas lebih lanjut, " tambahnya.

 

BACA JUGA:Susun Master Plan Pembangunan Trans Lubuk Mumpo

 

Bahkan dari komunikasi yang dilakukan, sudah ada salah satu perusahaan di Jakarta yang mengkonfirmasi akan ikut dalam program job fair yang akan dilaksanakan pihaknya. Komunikasi terus mereka lakukan dengan perusahaan-perusahaan lainnya seperti di wilayah Bengkulu, Palembang dan daerah-daerah lainnya.

 

"Berdasarkan data yang kita miliki jumlah angkatan kerja di Rejang Lebong tahun 2022 mencapai 158.557 orang, terdiri dari angkatan kerja perempuan 68.332 orang dan angkatan kerja laki-laki 90.225 orang. Angkatan kerja ini terdapat pengangguran terbuka sebanyak 3.880 orang, terbagi pengangguran perempuan 1.541 orang dan pengangguran laki-laki sebanyak 2.339 orang, " singkatnya.

Sumber: