Hari Kanker Sedunia 2023, Bukan Sekedar Peringatan Biasa

Hari Kanker Sedunia 2023, Bukan Sekedar Peringatan Biasa

FOTO/TIM RIRI : Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief.--

RK ONLINE - Penduduk dunia memperingati Hari Kanker Sedunia 2023 atau World Cancer Day, Sabtu (4/2) guna meningkatkan kesadaran, pendidikan, serta tindakan terkait kanker dan merupakan peringatan hari penting yang diinisiasi Union for International Cancer Contro (UICC).

 

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, bukan sekedar peringatan biasa, Hari Kanker Sedunia penting guna mencegah lebih banyak kematian akibat kanker setiap tahun dengan mendorong pemerintah dan individu di seluruh dunia untuk mengambil tindakan nyata terhadap penyakit tersebut.

 

"Pengobatan kanker ini butuh proses panjang dan bagi sebagian orang sangat melelahkan. Saya dengar bahkan beberapa orang pasien menyerah menghadapinya ada karena soal biaya, transportasi, dan lain-lain. Hal-hal seperti ini harus bisa diatasi," kata Hj Riri Damayanti John Latief.

 

Dewan Penasehat DPD Generasi Anti Narkoba Nasional (GANN) Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, upaya untuk memompa semangat pasien kanker agar terus mendapatkan pengobatan dan terapi yang diperlukan secara berkelanjutan mesti dilakukan terus menerus.

 

"Penanganan kanker di tengah-tengah masyarakat harus dilakukan dengan lebih efektif, termasuk bila menimpa warga yang tergolong miskin, hidup di bawah standar, tidak dapat dukungan sosial yang baik, atau nggak punya BPJS," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

 

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Kepahiang ini mengapresiasi seluruh bentuk partisipasi penanganan kanker, baik yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan swasta, maupun lembaga-lembaga amil zakat dan sedekah.

 

BACA JUGA:Senator Riri Usulkan 3 Permintaan untuk Bengkulu

 

Sumber: