Sosialisasikan Lomba RKPD, Ini Yang Perlu Diperhatikan

Sosialisasikan Lomba RKPD, Ini Yang Perlu Diperhatikan

DOK/RK : SOSIALISASI : Bappeda Bengkulu saat mensosialisasikan lomba RKPD di Aula Bappeda Lebong, Kamis (2/2).--

RK ONLINE - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menggelar sosialisasi lomba Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 di Kabupaten Lebong, Kamis (2/2). Tujuannya untuk menyampaikan kriteria-kriteria yang harus disiapkan dalam penyusunan dokumen RKPD yang baik dan benar.

 

Sebelum nantinya dokumen ini disampaikan ke Pemprov Bengkulu pada saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Maret mendatang.

 

Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah (P2EPD) Bappeda Provinsi Bengkulu, Nashrullah, SE, MT, M.Sc menyampaikan yang digagas oleh Bappenas ini akan dilangsungkan di tingkat kabupaten/kota hingga tingkat provinsi. Untuk RKPD kabupaten/kota akan dinilai oleh Pemprov Bengkulu untuk disaring 3 besar. Kabupaten/kota yang mendapatkan jura pertama, nantinya akan mewakili Prmprov Bengkulu di tingkat nasional.

 

"Untuk tingkat nasional penilaiannya akan dilakukan oleh tim dari Bappenas, " jelasnya.

 

Lebih jauh dikatakannya, ada beberapa instrumen yang harus diperhatikan dalam proses penyusunan RKPD. Seperti hubungan antar dokumen. Contohnya RKPD yang disusun dengan rencana strategis (renstra), rencana kerja (renja) hingga RKPD dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

 

"Termasuk kesesuaian RKPD dengan program pemerintah provinsi hingga nasional. Singkron atau tidak, " tambahnya.

 

BACA JUGA:Bupati Lantik Plt Direktur Perumda Perberasan Karang Nio

 

Sumber: