1 KTP 2 Dukungan

1 KTP 2 Dukungan

DOK/RK : VERMIN : Rabu (1/2), petugas KPU Kabupaten Kepahiang melaksanakan Vermin perbaikan KTP dukungan 4 Balon DPD RI.--

RK ONLINE - Hingga Rabu (1/2) petugas KPU Kabupaten Kepahiang masih melaksanakan Verifikasi Administrasi (Vermin) perbaikan KTP dukungan 4 Bakal Calon (Balon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

 

Hasil sementara, petugas KPU Kabupaten Kepahiang menemukan ada dukungan ganda eksternal, 1 warga memberikan dukungan terhadap 2 calon DPD RI. Karena itu petugas KPU Kabupaten Kepahiang melakukan klarifikasi terhadap ke 2 Balon DPD RI tersebut, lantaran 1 warga hanya bisa memberikan dukungan kepada 1 Balon.

 

"Ada dukungan ganda eksternal. Masih menunggu klarifikasi dari kedua Balon DPD RI bersangkutan. Klarifikasi ini dilakukan guna memastikan Balon mana yang benar-benar mendapatkan dukungan. Jika nantinya kedua Balon DPD RI masih sama - sama mengklaim mendapatkan dukungan, maka verifikasi akan langsung kita lakukan terhadap warga bersangkutan yang memberikan dukungan," sampai Komisioner KPU Kabupaten Kepahiang, Supran Efendi, S.Sos. I, M.Pd, kemarin.

 

Dengan alasan Vermin perbaikan KTP dukungan masih berlangsung, Supran pun masih enggan membeberkan hasil sementara dari Vermin tersebut. Seperti jumlah total dukungan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), Belum Memenuhi Syarat (BMS) ataupun dukungan Memenuhi Syarat (MS).

 

"Untuk hasil seluruhnya belum kita dapatkan, sebab rekap belum dilakukan. Sesuai dengan jadwal yang ditentukan, hari ini pukul 24.00 WIB tadi malam Vermin perbaikan memang berakhir. Jadi untuk hasil akhir dari Vermin yang dilaksanakan, akan disampaikan ke KPU Provinsi Bengkulu. Lantaran wewenang yang menentukan MS atau TMS, itu berada di KPU provinsi," demikian Supran.

 

BACA JUGA:Vermin Dukungan Bacalon DPD RI Dimulai

 

Untuk diketahui, berdasarkan aturan yang telah ditetapkan, untuk 1 Balon DPD RI minimal mempunyai KTP dukungan sebanyak 2.000 KTP, yang tersebar di 50 persen kabupaten/ kota di Provinsi Bengkulu. Untuk di Kabupaten Kepahiang, 12 Balon DPD RI menggunakan total 2.569 KTP dukungan masyarakat.

 

Sumber: