Gandeng Tokoh Agama Bentuk Panitia MTQ

Gandeng Tokoh Agama Bentuk Panitia MTQ

DOK/RK : Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kepahiang Bambang Utoyo, MH--

RK ONLINE - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kepahiang, Bambang Utoyo, MH menyebutkan bahwa pihaknya bersama dengan tokoh agama, pemerintah kelurahan dan pemerintah desa menginisiasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat kecamatan, yang merupakan kali pertama dilaksanakan. Dalam waktu dekat pembentukan panitia kegiatan akan segera dilakukan. Selanjutnya menetapkan jumlah cabang lomba yang akan diperlombakan nantinya.

 

Dikatakan Bambang, rencananya MTQ tingkat Kecamatan Kepahiang akan dilaksanakan pada Juli mendatang. Dalam hal ini pihaknya berharap di tingkat desa dan kelurahan dapat mendukung serta menyiapkan penjaringan kafilah dalam rangka syiar islam ini.

 

"Untuk persiapan sudah 50 persen, kita tinggal mematangkan panitia dan cabang-cabang lomba yang akan dilaksanakan pada saat MTQ nantinya. Ini perdana dilaksanakan, ya harapannya bisa didukung oleh desa dan kelurahan," kata Bambang.

 

Lebih lanjut dijelaskan Bambang, pelaksanaan MTQ ini tidak hanya meningkatkan syiar Islam, salah satunya sebagai upaya pembangunan sumber daya manusia yang religius. Ia mengajak tokoh agama, pengurus masjid, terutama remaja Islam masjid agar menjadi corong untuk para pemuda dan remaja agar mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan.

 

BACA JUGA:KUA Kepahiang Inisiasi MTQ Perdana Kecamatan Kepahiang

 

"Kita mendorong kalangan masyarakat, terutama Risma Masjid yang menjadi binaan penyuluh agama Islam untuk fokus terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan, salah satunya baca tulis Al-qur'an, harapannya persiapan perlombaan MTQ ini dapat dimaksimalkan," ujar Bambang.

 

Dirinya menambahkan, tantangan di era teknologi saat ini diakui cukup sulit untuk terlaksananya kegiatan ditingkat desa dan kelurahan, terutama di kalangan remaja dan pemuda. Untuk itu pihaknya juga berharap penyuluh agama Islam yang disebarkan pada kelurahan dan desa dapat membina dan merangkul para pemuda dan remaja aktif pada kegiatan keagamaan. (rfm)

Sumber: