Tak Ada Bedah Rumah, Hanya Pembangunan Baru

Tak Ada Bedah Rumah, Hanya Pembangunan Baru

DOK/RK : Plt Kepala Dinas Perkim Lebong, Hartoni, SP, M.Si--

RK ONLINE - Masyarakat yang mendambakan bantuan rehab rumah atau lebih dikenal bedah rumah tampaknya harus gigit jari. Pasalnya, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Lebong memastikan ditahun 2023 ini tak ada anggaran yang disiapkan untuk menjalankan program tersebut.

 

Namun untuk program pembangunan rumah baru dipastikan akan dilaksanakan tahun ini. Saat ini Dinas Perkim tinggal menunggu Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

 

Kepala Dinas Perkim Lebong, Hartoni, SP, M.Si mengatakan usulan yang sebelumnya disampaikan untuk program pembangunan rumah baru ini diusulkan untuk ratusan unit. Hanya saja kepastiannya masih menunggu ketersediaan anggaran dari DPA.

 

"Saat ini kami masih menunggu DPA. Kami lihat dulu berapa anggaran yang tersedia, baru nanti diketahui bisa untuk mengakomodir berapa unit, " jelas Hartoni.

 

Lebih jauh dijelaskannya, sejauh ini belum ada usulan baru yang disampaikan oleh pemerintah desa/kelurahan. Namun usulan program pembangunan baru di tahun-tahun sebelumnya sudah mencapai ratusan proposal. Usulan inilah yang direncanakan untuk dilakukan verifikasi dan validasi ulang. Termasuk mencocokkan dengan wilayah kumuh atau tidak.

 

"Ini untuk memastikan kebenaran dari proposal yang sudah masuk. Misalnya ada yang sudah pindah, meninggal atau justru ekonominya sudah membaik atau justru sudah membangun rumah sendiri, " tambah Hartoni.

 

BACA JUGA:Baru 4 OPD Input SIRUP, Kemungkinan Gegara Ini

 

Sumber: