Evaluasi Pengelola Wisata, Disparpora Surati Camat

Evaluasi Pengelola Wisata, Disparpora Surati Camat

DOK/RK : WISATA : Objek wisata Air Putih merupakan salah satu kawasan wisata yang dibebankan menghasilkan Pendapatan Alsi Daerah (PAD).--

RK ONLINE - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong menargetkan Februari mendatang sudah menetapkan pengelola 3 kawasan objek wisata untuk tahun 2023 ini. Yaitu objek wisata Danau Picung, Air Putih dan Pulau Harapan. Tahapnya saat ini, masih mengevaluasi kinerja dari pengelola wisata tahun lalu. Termasuk pengelola objek wisata Pulau Harapan di Kecamatan Lebong Selatan yang belum merealisasikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2022.

 

 

Kepala Disparpora Lebong Riki Irawan, S.Sos, M.Si menjelaskan pihaknya sudah menyurati  pemerintah desa, kelurahan maupun kecamatan di 3 kawasan objek wisata tersebut untuk juga melakukan evaluasi. 

 

 

"Tak menutup kemungkinan ada yang diganti (pengelola, red) dengan pendapat dan kajian-kajian kawan-kawan dari desa, kelurahan maupun pemerintah kecamatan, " kata Riki.

 

 

Ia menambahkan, besar kemungkinan tak ada penambahan kawasan objek wisata yang akan dibebankan PAD tahun ini. Namun bukan berarti hanya sampai disitu, Riki mengatakan akan lebih fokus dalam mengembangkan sport tourism. Yaitu olahraga yang dikombinasikan sekaligus dalam memperkenalkan atau promosi wisata.  Sektor inilah yang kedepan akan dikembangkan dan dirancang menjadi salah satu objek dalam meningkatkan PAD.

 

 

"Sejauh ini belum pernah, dari bidang olahraga menghasilkan PAD. Ini yang akan kami garap. Sasarannya adalah dari arung jeram, " tambahnya.

 

Sumber: