Dispar Kembali Aktifkan Pokdarwis dan Pemandu Wisata

Dispar Kembali Aktifkan Pokdarwis dan Pemandu Wisata

DOK/RK : Kepala Dispar Rejang Lebong, Budianto, ST--

RK ONLINE - Program untuk pengembangan desa melalui program Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwisa)  yang telah dilakukan selama, hingga sempat terhneti saat Pandemi Covid-19 meland, di tahun 2023 ini kembali akan diaktifkan.  Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong M Budianto.

 

 

Menurutnya pengaktifan  kembali Pokdarwis ini untuk  meningkatkan objek wisata  yang ada di desa-desa, karena sudah banyak desa yang ada di Rejang Lebong telah berhasil melakukan prorgam Pokdarwis ini. " Untuk desa yang telah memiliki Pokdarwis yaitu Desa Simpang Bukit, Desa Purwodadi dan Desa Pal 100 dan Desa Belitar Seberang. Mereka telah berhasil melakukan pengembanngan objek wisata di desanya dengan melibatkan Pokdarwis," terang Budianto. 

 

 

Dikatakan Budianto, dengan adanya Pokdarwis ini dapat melakukan pengembangan objek wisata di masing-masimng desa yang memilliki potensi wisata, sehingga membuat desa menjadi berkembang dan terkenal serta mendapatkan income dari kunjungan para wisatawan. Kemudian juga mengembangkan ekonomi desa serta menumbuhkan ekonomi penduduk setempat serta menimbulkan lapangan kerja bagi masyarakat desa.

 

 

BACA JUGA:Diskominfo dan Dispar Kolaborasi Promosikan Wisata

 

 

"Saat ini kita telah berkoridnasi dengan bidang wisata terkait pengaktifan Pokdarwis yang ada di desa-desa. Selian itu kita akan melakukan rapat terkait pembentukan Pokdarwis di objek wisata Danau Mas Harum Bastari (DMHB)," ujar Budianto. 

 

Sumber: