Jadwal Keberangkatan Haji Mulai 24 Mei 2023

Jadwal Keberangkatan Haji Mulai 24 Mei 2023

DOK/RK Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Zulfakar Alamsyah, S.Ag--

RK ONLINE - Rencana Perjaanan Haji (RPH) tahun ini mulai dibahas oleh Kementerian Agama RI bersama dengan DPR RI. Namun, masing-masing Kantor Kemenag saat ini sudah mendapatkan RPH, termasuk Kantor Kemenag Kepahiang. Merujuk RPH tersebut, keberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) gelombang I Indonesia tahun 1444 Hijriah ini akan dimulai 24 Mei 2023.

 

 

Hal itu dibenarkan Kakan Kemenag Kepahiang H. Lukman, S.Ag, MH melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Zulfakar Alamsyah, S.Ag Jum'at (27/1). Menurutnya, RPH tahun 2023 sudah bersifat final.

 

 

"Insyaaallah kalau dari sisi RPH tahun 2023 final, kecuali ada ha-hal yang bersifat fatal seperti bencana alam atau non alam dan lainnya," kata Zulfakar.

 

 

RPH yang diterima itu, lanjutnya, akan dijadikan sebagai acuan penyelenggaraan ibadah haji di dalam negeri dan di Arab Saudi. Mulai dari jadwal keberangkatan jemaah dari tanah air ke Arab Saudi,  jadwal pelaksanaan puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan pelaksanaan Mabit di Mina, serta jadwal pemulangan jemaah haji dari Arab Saudi ke tanah air.

 

 

"Kuota keberangkatan sudah ditetapkan, RPH sudah final, tinggal menunggu terbitnya Keppres dan KMA Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH), barulah kita sampaikan dan mulai tahapannya ditingkat daerah," kata Zulfakar.

 

Sumber: