Parpol Diminta Optimalkan Pendidikan Politik

Parpol Diminta Optimalkan Pendidikan Politik

DOK/RK : Kepala Kesbangpol Provinsi Bengkulu, Hj. Oslita, SH, M.H--

RK ONLINE - Partai Politik (Parpol) di wilayah Bengkulu diminta untuk mengoptimalkan penggunaan dana Bantuan Partai Politik (Banpol) sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang ada. Salah satu hal yang dioptimakan yakni penggunaan Banpol untuk pendidikan politik. 

 

 

"Untuk parpol itu kita berikan bantuan politik atau bantuan keuangan parpol, dana tersebut 60 persennya itu harus digunakan untuk pendidikan politik. Karena  parpol berperan penting dalam pendidikan politik," kata Kepala Kesbangpol Provinsi Bengkulu, Hj. Oslita, SH, M.H, Kamis (19/1).

 

 

Penggunaan dan pertanggungjawaban Banpol sendiri nantinya akan diawasi atau diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hasil pemeriksaannya akan digunakan oleh Kesbangpol untuk kebutuhan lanjutan kedepannya. 

 

 

"Hasil dari laporan pemeriksaan BPK itulah sebagai dasar kami untuk membayar Banpol nantinya. Misalnya dari hasil pemeriksaan clear dan benar pertanggungjawabannya, bisa kami gunakan untuk merealisasikan Banpol tahun ini," imbuh Oslita. 

 

 

Lebih lanjut, selain pendidikan politik yang dilakukan oleh Parpol, pemerintah daerah juga diminta untuk memberikan pendidikan politik, khusunya kepada  pemilih pemula yng belum memahami tentang politik. 

 

Sumber: