Peternak Sapi dan Kerbau, Waspada Serangan Virus LSD

Peternak Sapi dan Kerbau, Waspada Serangan Virus LSD

DOK/RK : TERNAK : Peternak sapi pada sentra peternakan di Kecamatan Kabawetan.--

RK ONLINE - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP mengingatkan pemilik hewan ternak sapi dan kerbau di seluruh wilayah Kabupaten Kepahiang agar meningkatkan kewaspadaan dini terhadap penyakit Lumpy Skin Disease (LSD).

 

 

Yakni, virus yang menyebabkan kebenjolan pada sapi atau kerbau. Virus ini dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan pada hewan ternak yang dapat berujung kematian.

 

 

Meski demikian kabar baiknya, dikatakan Hernawan, kasus tersebut maupun gejala - gejala belum ditemukan pada hewan ternak di Kabupaten Kepahiang.

 

 

"Walau belum ada kasus, peternak harus meningkatkan kewaspadaan dini terhadap virus LSD. Peternak harus memperhatikan sanitasi kandang dan pakan yang cukup. Tidak kalah penting, peternak jangan panik," sampai Hernawan, Rabu (18/1).

 

 

Dia menjelaskan, LSD belum dikategorikan penyakut berbahaya bagi ternak hewan sapi dan kerbau. Namun jika tidak diobati dan dicegah juga mengancam kematian pada hewan ternak, lantaran dampak kehilangan nafsu makan. Kemudian, jika itu terjadi tentu akan mengakibatkan kerugian terhadap peternak.

 

Sumber: