Moderasi Agama untuk Semua Umat Beragama

Moderasi Agama untuk Semua Umat Beragama

DOK/RK : Kepala Kantor Kementerian Agama Curup Kabupaten Rejang Lebong H. Nopian Gustari--

RK ONLINE - Kepala Kantor Kementerian Agama Curup Kabupaten Rejang Lebong H. Nopian Gustari mengatakan program moderasi beragama, adalah sebagai upaya agar sikap beragama seluruh warga negara di tanah air tetap berada pada jalurnya yang tidak berlebihan.

 

 

Untuk itu Kementerian Agama Curup, saat ini membuka selebar-lebarnya kepada masyarakat yang non agama muslim, seperti krsiten, hindu dan budha dapat berkunjung kantor kementerian agama dan berlaku di seluruh Indonesia.

 

 

"Mereka bisa berkunjung, konsultasi dan menyampaikan pendapat dan masukan dalam moderasi beragama ini. Dan program ini  berlaku bukan hanya di Kantor Kemenag Curup saja, melainkan di tingkat KUA Kecamatan dan KUA Kabupaten juga diberlakukan, karena memang Kemenag ini untuk seluruh agama," ujar Nopian.

 

 

Dikatakan Nopian dalam moderasi agama ini tidak ada tebang pilih dalam melayani semua agama, untuk  itu pegawai kementerian agama diminta untuk menjadi penengah serta memiliki rasa memiliki yang sama karena  di Kemenag ini memiliki perwakilan dari agama-agama lainnya selain agam Islam.

 

 

"Di Kantor Kemenag Curup ini kita memiliki perwakilan dari berbagai agama, selain itu ditahun 2022 lalu Kemenag sengaja melakukan safari natal dan tahun baru dengan melakukan berkeliling ke gereja-gereja yang ada di Rejang Lebong. Sedangkan untuk agama islamnya kita melakukan safari ramadhan setiap tahunnya," ujar Nopian. 

 

Sumber: